KPK Buka Opsi Koordinasi Kasus Korupsi Heli AW-101, Ini Kata Jaksa Agung

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 15:23 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin (kiri) dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan).
Jaksa Agung ST Burhanuddin (kiri) dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan). (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

KPK akan mengkaji kembali kasus dugaan korupsi pengadaan heli AW-101 TNI AU yang telah disetop. KPK membuka opsi untuk mengkaji kasus ini dengan Kejaksaan Agung (Kejagung). Lalu, apakah Kejagung akan mengambil alih kasus ini?

"Untuk kami sendiri belum, untuk alutsista yang dipertanyakan kami belum sampai ke sana," kata Jaksa Agung ST Burhanuddin di Gedung Kartika Candra Adhyaksa, Jalan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (14/1/2022).

Burhanuddin menyebut kasus dugaan korupsi heli AW-101 itu kini tengah ditangani oleh KPK. Dia tidak ingin saling mendahului.

"Karena informasinya ditangani oleh KPK, jadi tentunya kami tidak bisa saling mendahului," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku sudah bertemu dengan beberapa pejabat struktural mengenai penanganan kasus tersebut. Dia berjanji akan mengumumkan hasilnya ke publik apabila sudah menemukan titik terang.

"Jadi kalau saya masih berusaha mempelajari. Sudah kami, sudah ketemu beberapa pejabat struktural yang membidangi tapi memang belum tuntas. Nanti ada saatnya kita akan mengumumkan setelah semuanya saya pahami," katanya.

Sebelumnya diketahui, KPK akan mengkaji kembali kasus dugaan korupsi pengadaan heli AW-101 TNI AU yang telah disetop. KPK akan meminta penjelasan TNI terkait pertimbangan penghentian kasus ini.

"Ketika di sana dihentikan, tentu cantolannya menjadi tidak ada kita. Ini kan penyelenggara negara, tapi nanti pasti akan kami kaji, kalau kami masih meyakini bahwa dari transaksi itu terjadi kerugian negara, kita bisa berkoordinasi dengan aparat penegak hukum lain, kejaksaan atau kepolisian untuk menangani," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (29/12/2021).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.