DPRD Surabaya Minta Beasiswa Pelajar SMA Paket C Dimulai Secepatnya

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 14:59 WIB
Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah
Foto: DPRD Surabaya-Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah
Jakarta -

Ketua Komisi D DPRD Surabaya dari Fraksi PDI Perjuangan, Khusnul Khotimah meminta agar program beasiswa untuk pelajar SMA/SMK/SMKLB/MA/MAK Paket C agar bisa terealisasi secepatnya. Paling lambat program andalan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini bisa terwujud pada akhir Januari 2022 ini.

"Saya minta bisa dipastikan dan bisa dilaksanakan paling lambat akhir bulan ini. Saya berharap Disbudporapar bekerja lebih keras lagi untuk mewujudkannya," ujar Khusnul dalam keterangan tertulis, Jumat (14/1/2022).

Hal ini dikatakan Khusnul usai rapat koordinasi bersama dengan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya, Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya dan Kementerian Agama (Kemenag) Surabaya yang digelar secara hybrid, Rabu (12/1) lalu.

Menurutnya, program beasiswa bagi pelajar SMA/SMK/SMKLB/MA/MAK Paket C ini harus secepatnya direalisasikan, agar siswa dari MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) yang berhak menerima, mendapatkan kepastian apakah dia menerima atau tidak.

Berdasarkan data yang Khusnul terima dari Dinsos Surabaya, total pelajar SMA/SMK/SMKLB/MA/MAK Paket C yang menerima beasiswa sebanyak 8.730 siswa. Rinciannya sebanyak 8.676 untuk siswa SMA/SMK/SMKLB, 46 untuk siswa MA dan delapan untuk siswa Paket C. Angka ini lebih sedikit dari jumlah saat dilakukan pembahasan, yakni diplot untuk 13 ribu siswa.

"Saya minta data tersebut dipadukan dengan data yang ada di Kemenag yang untuk MA. Termasuk juga anak-anak Surabaya yang MBR yang menjadi santri, yang belajar di pondok pesantren dan juga anak-anak MBR yang belajar di lembaga pendidikan Nasrani atau yang beragama selain Islam di Surabaya Raya. Karena saat pembahasan anggaran untuk 13 ribu siswa," ungkapnya.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini juga menyatakan, jika Disbudporapar Surabaya saat ini terus mempersiapkan agar pelaksanaan beasiswa ini berjalan baik. Salah satunya adalah Peraturan Wali Kota (Perwali) tentang Pemberian Bantuan Beasiswa.

"Untuk perwali sudah on going, dan akan diselesaikan maksimal pekan depan," katanya.

(ega/ega)