Komnas HAM Tolak Hukuman Mati Herry Wirawan, Anggota DPR Bereaksi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 11:00 WIB
Komnas HAM tolak hukuman mati Herry Hirawan yang memperkosa 13 santri. Penolakan itu dinilai bertentangan dengan prinsip HAM.
Komnas HAM Tolak Hukuman Mati Herry Wirawan, Anggota DPR Bereaksi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Komnas HAM tolak hukuman mati Herry Wirawan yang dituntut dalam kasus pemerkosaan 13 santri. Penolakan itu karena hukuman mati dinilai bertentangan dengan prinsip HAM.

Banyak pihak yang menyayangkan keputusan Komnas HAM tolak hukuman mati Herry Wirawan. Bahkan, Komisi III DPR RI mengkritik keputusan tersebut.

Lantas, seperti apa reaksi DPR terhadap Komnas HAM tolak hukuman mati Herry Wirawan? Berikut informasi lengkapnya.

Komnas HAM Tolak Hukuman Mati Herry Wirawan: Begini Alasannya

Komnas HAM tolak hukuman mati Herry Wirawan bukan tanpa alasan. Saat Rapat Kerja di Gedung DPR, Komnas HAM menyebut hukuman itu bertentangan dengan prinsip-prinsip HAM.

"Komnas HAM tidak setuju penerapan hukuman mati karena bertentangan dengan prinsip HAM," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara, Rabu (12/1/2022).

Hak hidup seseorang, kata Beka, tidak bisa dikurangi dalam situasi apapun. Hal ini termasuk pada hukuman mati. Inilah yang menjadi alasan utama Komnas HAM tolak hukuman mati Herry Wirawan.

"Hak hidup adalah hak yang tidak bisa dikurangi dalam situasi apa pun (non-derogable rights)," tuturnya.

Komnas HAM Tolak Hukuman Mati: Tidak Setuju Kebiri Kimia

Selain menolak hukuman mati, Komnas HAM juga menolak hukuman kebiri kimia yang merupakan tuntutan kepada Herry Wirawan. Beka mengungkapkan, hukuman itu tidak manusiawi dan kejam, sehingga tak layak diterapkan.

"Kami juga tidak setuju dengan hukuman kebiri. Karena tidak sejalan dengan prinsip hak asasi manusia. Yaitu tidak melakukan penghukuman yang kejam dan tidak manusiawi," ujarnya.

Kendati Komnas HAM tolak hukuman mati Herry Wirawan, namun Beka menegaskan pihaknya menuntut hukuman maksimal bagi pria yang memperkosa 13 santri tersebut. Sebab, kata dia, korban Herry kebanyakan anak-anak.

"Betul, Komnas sangat mendukung hukuman maksimal, karena kejahatannya, korbannya banyak dan sebagian anak-anak. Saya setuju Herry Wirawan dihukum berat," imbuhnya.

Komisi III DPR RI geram lantaran Komnas HAM tolak hukuman mati Herry Wirawan. Simak halaman berikutnya.