Polda Metro Terima Limpahan Kasus Tweet 'Santri Calon Teroris' Denny Siregar

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 16:52 WIB
Denny Siregar di Polda Metro Jaya, Jumat (10/7/2020).
Denny Siregar di Polda Metro Jaya. (Sachril/detikcom)

Denny dilaporkan atas postingan di akun Facebooknya pada 27 Juni 2020 berupa tulisan panjang berjudul 'Adek2ku Calon Teroris yg Abang Sayang'. Forum Mujahid Tasikmalaya selaku pelapor mempermasalahkan foto santri cilik Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Ilmi, Tasikmalaya, yang ada dalam postingan tersebut.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo sebelumnya telah menegaskan kasus itu tetap ditangani. Menurut Ibrahim, perkara Denny Siregar sudah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

"Jadi kasus terkait Saudara DS ini dengan nomor 188 ini pada pertengahan tahun 2021 telah kita limpahkan ke Polda Metro Jaya," ucap Ibrahim di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (5/1).

Ibrahim menuturkan perkara itu dilimpahkan ke Polda Metro Jaya lantaran locus delicti berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Karena memang lokasi kejadian dan waktu kejadiannya banyak di wilayah Polda Metro Jaya, jadi memang mengikuti tempat kejadian perkara," kata dia.

Dengan adanya pelimpahan tersebut, Ibrahim memastikan kasus yang melibatkan Denny Siregar tetap diproses. Namun, penanganan perkaranya sudah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

Denny Siregar sendiri sempat angkat bicara soal pelaporannya saat itu. Dia menyatakan tidak melakukan penghinaan. Denny juga mengatakan foto tersebut dipakai sebagai ilustrasi.

"Nggak ada penghinaan. Di tulisan, saya sudah memberikan keterangan: Foto hanya ilustrasi. Saya juga tidak spesifik menyebut itu santri dari mana," kata Denny kepada wartawan. Denny menjawab pertanyaan ini pada 2 Juli 2020.


(mea/fjp)