Kasus Denny Siregar Disinggung Pengacara Habib Bahar, Ini Kata Polda Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 20:12 WIB
Denny Siregar di Polda Metro Jaya, Jumat (10/7/2020).
Foto: Denny Siregar di Polda Metro Jaya. (Sachril/detikcom)
Bandung -

Penanganan perkara kasus ujaran kebencian yang dilakukan Denny Siregar turut disorot menyusul penetapan Habib Bahar bin Smith sebagai tersangka penyebaran berita bohong. Polda Jabar memastikan kasus Denny Siregar diproses dan sudah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

Denny sendiri dilaporkan oleh seorang ustaz asal Tasikmalaya pada tahun 2020. Pelaporan ke Polda Jabar dilakukan menyusul cuitan Denny Siregar di media sosial soal 'santri calon teroris'.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo menegaskan kasus itu tetap ditangani. Menurut Ibrahim, perkara Denny Siregar sudah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

"Jadi kasus terkait saudara DS ini dengan nomor 188 ini pada pertengahan tahun 2021 telah kita limpahkan ke Polda Metro Jaya," ucap Ibrahim di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (5/1/2022).

Ibrahim menuturkan perkara itu dilimpahkan ke Polda Metro Jaya lantaran locus delicti berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Karena memang lokasi kejadian dan waktu kejadiannya banyak di wilayah Polda Metro Jaya, jadi memang mengikuti tempat kejadian perkara," kata dia.

Dengan adanya pelimpahan tersebut, Ibrahim memastikan kasus yang melibatkan Denny Siregar tetap diproses. Namun, penanganan perkaranya sudah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

"Jadi penanganannya tidak di Polda Jabar lagi," tuturnya.

Nama Denny Siregar sendiri dibawa-bawa oleh kuasa hukum Bahar, Ichwan Tuankotta saat menanggapi penetapan tersangka Bahar. Ichwan menyebut perkara Bahar ditangani cepat berbanding dengan perkara Denny Siregar.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un matinya keadilan, betapa cepat proses hukum yang dijalani HBS (Habib Bahar Bin Smith) dari SPDP cuma berjarak dua hari lanjut pemanggilan dan hari ini langsung tersangka dan ditangkap," kata Ichwan kepada wartawan, Selasa (4/1/20222).

Ichwan menyinggung tindakan yang berbeda antara pengkritik pemerintah dengan yang tidak. Dia menyebut beberapa tokoh lain yang bebas dari proses hukum.

"Hal ini bila menjerat para oposan pengritik pemerintah. Sementara para penista agama bebas dan proses hukum. Deni Siregar, Ade Armando dan Permadi Arya meski sudah dilaporkan berulang-ulang tak tersentuh hukum," ujarnya.

Lihat juga video 'Pembobol Data Pribadi Denny Siregar Dibekuk!':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)