Polri Akan Pamerkan Seragam Baru Satpam pada 31 Januari 2022

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 16:09 WIB
Polresta Solo menggelar rekonstruksi kasus perampokan dan pembunuhan berencana satpam gudang rokok di Solo, Jawa Tengah, Suripto (33) hari ini.
Foto ilustrasi satpam dengan seragam mirip polisi. (Agung Mardika/detikcom)
Jakarta -

Polri akan mengubah warna seragam petugas satpam dari cokelat muda menjadi krem. Seragam baru satpam berwarna krem bakal diperkenalkan pada hari ulang tahun (HUT) satpam yang ke-41 yang jatuh pada 31 Januari 2022.

"Tanggal 31 Januari ini rencananya akan digelar Hari Ulang Tahun Satpam ke-41. Dan pada saat hari ulang tahun satpam tersebut akan diperkenalkan," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jaksel, Kamis (13/1/2022).

Ramadhan mengatakan akan ada upacara di HUT satpam yang ke-41 itu. Pengenalan seragam satpam baru bakal diperkenalkan dalam upacara.

"31 yang dipastikan pengenalan, HUT satpam. Pada saat upacara tersebut, di situ pengenalan, ini rencana seragam baru satpam," tuturnya.

Kemudian, Ramadhan menyebut seragam satpam warna krem hanya diperkenalkan pada HUT satpam pada 31 Januari 2022. Seragam satpam warna krem baru mulai berlaku 1 tahun setelah peraturan kepolisian (perpol) tentang seragam satpam terbit.

"Tapi kapan berlakunya? Satu tahun setelah perpol dibentuk, perpol tentang pakaian seragam tersebut," imbuh Ramadhan.

Sebelumnya, Polri memutuskan mengkaji ulang terkait seragam satpam yang berwarna cokelat. Rencananya, seragam satpam diganti warna menjadi krem.

"Masih dalam proses pengkajian, warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Ramadhan saat dimintai konfirmasi, Rabu (12/1).

Ramadhan menyebut warna seragam satpam saat ini terlalu mirip dengan polisi sehingga, menurutnya, masyarakat kerap bingung dalam membedakan keduanya.

"Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri, sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," ucapnya.

Lebih lanjut, Ramadhan mengatakan satpam sendiri merupakan pengembang fungsi kepolisian terbatas sehingga satpam harus memiliki identitas yang berbeda dengan Polri.

"Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya," tutur Ramadhan.

Simak Video 'Terlalu Mirip Seragam Polisi, Seragam Satpam Akan Diganti':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/aud)