Polri Ungkap Masyarakat yang Ingin Seragam Cokelat Muda Satpam Diganti

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 12:38 WIB
Jakarta -

Polri melakukan kajian untuk mengubah warna seragam satpam dari cokelat muda menjadi krem. Polri menyebut masyarakat lah yang ingin agar seragam cokelat muda satpam diganti karena kerap membuat bingung.

"Seperti yang saya sampaikan tadi, untuk mengakomodir keinginan-keinginan masyarakat dan agar masyarakat tidak bingung," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jaksel, Kamis (13/1/2022).

Ramadhan menjelaskan, sebenarnya perubahan warna seragam satpam kali ini tidak terlalu mencolok. Pasalnya, hanya warna baju yang diganti, sementara warna celana tetap.

"Namun, sebagai pembina, perubahan-perubahan itu nggak begitu mencolok. Hanya perubahan pakaian seragam atas atau baju, jadi bajunya lebih muda gitu ya," tuturnya.

Lebih lanjut, Ramadhan memastikan penggantian warna seragam satpam dari cokelat muda jadi krem bukan karena adanya oknum-oknum satpam yang memanfaatkan kemiripan seragam dengan seragam milik polisi. Diketahui, seragam satpam dan polisi kerap bingung warga karena sama-sama berwarna cokelat.

"Tidak ada kaitan yang disampaikan dengan perilaku-perilaku satpam," kata Ramadhan.

Sementara itu, Ramadhan mengungkapkan seragam baru satpam yang berwarna krem baru akan berlaku 1 tahun setelah peraturan kepolisian (perpol) terbit. Setelah 1 tahun perpol mengenai seragam satpam berwarna krem terbit, kata Ramadhan, petugas satpam diwajibkan menggunakan seragam baru.

"Nah, ini masa sosialisasi, jadi 1 tahun. Sekali lagi ini akan diberlakukan setelah peraturan kepolisian itu terbentuk. Jadi satu tahun itu masa sosialisasi. Jadi setelah 1 tahun, maka baru akan diwajibkan dengan pakaian yang sekarang," imbuhnya.

Sebelumnya, warna seragam satpam bakal diubah Polri dari cokelat muda menjadi krem. Polri mengungkapkan alasan warna seragam petugas satpam diganti.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan membeberkan warna seragam satpam yang saat ini terlalu mirip dengan seragam polisi. Diketahui, seragam polisi berwarna cokelat.

"Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri," ujar Ramadhan saat dimintai konfirmasi, Rabu (12/1).

Ramadhan mengatakan warna seragam satpam yang mirip dengan polisi kerap membuat masyarakat kebingungan. Menurutnya, warga saat ini kesulitan membedakan polisi dan satpam.

"Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," katanya.

(drg/gbr)