2 Penambang Emas di Boltim Terjebak dalam Galian Ditemukan Tewas

Trisno Mais - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 23:51 WIB
Ilustrasi jenazah
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Boltim -

Dua penambang emas secara tradisional di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut), yang terjebak dalam galian tambang yang mengandung gas beracun ditemukan tewas. Petugas mengevakuasi kedua korban menggunakan peralatan seadanya.

"Untuk korban sudah berhasil dievakuasi dalam keadaan meninggal," kata Koordinator Pos SAR di Kotamobagu Rusmadi saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (12/1/2022).

Kedua penambang itu adalah Alan Mokoagow (33) dan Ronald Rawung (20). Mereka terjebak di dalam lubang tambang sejak pukul 15:30 Wita, di Desa Atoga, Kecamatan Motongkad, Boltim, Sulut.

Rusmadi menjelaskan, awalnya pihaknya masih menunggu alat pernapasan bertekanan udara atau SCBA yang didatangkan dari Manado. Namun karena hingga pukul 15:30 Wita alat tersebut belum juga ada, sehingga petugas melakukan evakuasi dengan alat seadanya atau manual.

"Upaya evakuasi dengan manual. Jadi tadi sudah berhasil dievakuasi, sekitar jam 22:30 Wita," katanya.

Dijelaskan Rusmadi, korban meninggal karena terindikasi menghirup gas beracun di lubang tambang tersebut. Menurutnya korban jatuh ke lubang lantaran menghirup racun.

"Pas terhirup racun langsung jatuh hingga di dasar lubang. Nah sekitar 15 meter korban yang satu sudah terhirup lagi racun, makanya jatuh lagi," jelasnya.

Proses evakuasi sangat dramatis. Pasalnya selain petugas menggunakan peralatan seadanya, mereka juga terkendala dengan kondisi cuaca di lokasi tersebut.