ADVERTISEMENT

TPA di Laliko Polman Juga Ditutup Warga, Sampah di Jalanan-Pasar Menumpuk

Abdy Febriadi - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 22:20 WIB
Sampah berserakan di Polman karena akses ke TPA ditutup warga
Warga tutup jalan ke TPA di Polman (Abdy F/detikcom)

Seperti yang terlihat di sekitar kawasan Pasar Induk Kecamatan Wonomulyo. Terdapat sedikitnya lima lokasi penumpukan sampah, yang belum terangkat sejak awal Januari.

Selain merusak pemandangan, tumpukan sampah pasar dan rumah tangga itu, mulai mengganggu kenyamanan warga lantaran menimbulkan bau busuk yang menyengat.

"Sampah itu sudah menumpuk sebelum tahun baru, terakhir itu kita mengangkat sampah pada Jumat, 31 Desember 2021," ujar salah satu Staf Kecamatan Wonomulyo, Andi Hermawan, terpisah.

Sampah berserakan di Polman karena akses ke TPA ditutup wargaSampah berserakan di pasar di Polman karena akses ke TPA ditutup warga (Abdy F/detikcom)

Menurut dia, tumpukan sampah tersebut, tersebar pada sejumlah titik. Sampah tersebut belum terangkat, karena belum adanya lahan alternatif. Kalaupun ada selalu mendapat penolakan.

"Kendalanya, karena lahan alternatif selalu mendapat penolakan, jadi sekarang kita lagi mencari lahan khusus untuk TPA di Wonomulyo," ungkap Hermawan.

Polemik sampah di daerah ini mulai terjadi ketika akses jalan menuju TPA di Desa Paku, Kecamatan Binuang, ditutup warga, Sabtu (1/1) lalu. Selain dianggap melebihi kapasitas, warga setempat memaksa untuk menutup TPA tersebut, sebab keberadaannya dianggap menimbulkan dampak sosial. Di antaranya pencemaran lingkungan serta masalah kesehatan.


(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT