ADVERTISEMENT

RSUI Depok Mulai Gelar Vaksinasi Booster Hari Ini, Kuota 100 Orang

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 14:17 WIB
RSUI Depok Mulai Gelar Vaksinasi Booster Hari Ini (Foto: Nahda/detikcom)
RSUI Depok mulai menggelar vaksinasi booster hari ini. (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Pemberian vaksin booster di Kota Depok dimulai hari ini. Pemberian vaksin ketiga COVID-19 di Kota Depok itu dimulai di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

"Ya kick off ya dosis tiga booster memang diutamakan arahan dari pusat juga untuk lansia dan kelompok rentan. Ini yang diutamakan," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris di RSUI, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/1/2022).

Idris mengatakan, nantinya vaksin booster akan diberikan ke kelompok lainnya jika target untuk lansia dan kelompok rentan sudah terpenuhi.

"Nanti kalau sudah sekian persen, baru akan diajukan untuk yang lainnya dan ini untuk dosis juga ini memang lebih sedikit, setengah dosis," sambungnya.

Idris juga memastikan vaksin booster ini diberikan secara gratis. Nantinya vaksin booster ini akan disebar ke seluruh puskesmas di Kota Depok.

"Gratis, ya," ucap Idris.

"Iya, nanti ke sana (puskesmas) secara serentak. Ini kan kick off-nya saja," tambahnya.

Idris menjelaskan kelompok rentan-lah yang ditargetkan mendapatkan vaksin booster. Kelompok itu adalah orang yang memiliki komorbid dan orang yang diharuskan berinteraksi dengan banyak orang, seperti guru, personel Satpol PP-Dishub, petugas damkar, dan penjual di pasar.

"Yang punya penyakit yang memang tidak bahaya untuk divaksin tapi mereka punya penyakit bawaan yang harus di-booster, seperti itu," ucap Idris.

"Kedua, dia banyak berinteraksi dengan banyak orang, seperti guru, Pol PP dalam beberapa event tertentu, Dishub, damkar, itu juga orang-orang tertentu yang interaksinya sangat kuat, termasuk teman teman di pasar," sambungnya.

Tanggapan Warga

Salah satu warga, Stevanus (70), yang telah mendapatkan vaksin booster, bercerita pengalamannya setelah disuntik vaksin booster. Stevanus berharap vaksin booster dapat mencegah penularan COVID-19.

"Ya seperti yang didengungkan oleh pemerintah itu, kalau bisa kan vaksin menjadi suatu keharusan, supaya mencegah paling tidak mencegah penularan COVID yang kayaknya makin merajalela," kata Stevanus.

Warga lainnya yang telah menerima vaksin booster, Roro Suprihatin (64), mengatakan vaksin booster merupakan langkah untuk mengantisipasi virus COVID-19. Roro juga mengajak kepada para lansia untuk segera vaksinasi booster.

"Untuk mengantisipasi virus COVID-19 saja supaya lebih sehat supaya ketahanan tubuh kita lebih kuat," kata Roro.

"Teman-teman lansia, ayo kita vaksin, jangan takut karena demi kesehatan kita bersama," ajak Roro kepada para lansia.

(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT