Syarat Vaksin Ke-3 Booster COVID-19, Dimulai Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 10:55 WIB
Syarat Vaksin Ke 3 Booster Covid-19, Dimulai Hari Ini
Syarat Vaksin Ke 3 Booster Covid-19, Dimulai Hari Ini - ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ratana21)
Jakarta -

Syarat vaksin ke-3 atau vaksin booster COVID-19 jadi informasi penting yang banyak dicari tahu masyarakat Indonesia. Diketahui mulai hari ini (12/1) pemerintah memulai program vaksinasi booster untuk masyarakat umum.

Pelaksanaan vaksinasi booster dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Program ini gratis bagi masyarakat Indonesia.

"Mulai 12 Januari 2022, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/1/2022).

"Pemberian vaksin ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia karena saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama," ucap Jokowi.

Lalu apa saja syarat vaksin ke-3 atau vaksin booster yang baru dimulai hari ini? detikcom merangkum informasinya berikut ini.

Syarat Vaksin Ke-3 Booster Gratis

Dilansir dari laman resmi Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan RI, ada sejumlah syarat vaksin ke-3 booster yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Berusia 18 tahun ke atas
  2. Telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan
  3. Pemberian vaksin diprioritaskan untuk:
    a. orang lanjut usia (lansia)
    b. penderita imunokompromais

Petugas kesehatan akan memberikan vaksin ketiga didasarkan riwayat vaksinasi dosis 1 dan 2 yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin.

Cara Cek Tiket-Jadwal Vaksin Ke-3 di Website PeduliLindungi

Kini syarat vaksin ke-3 telah diketahui. Masyarakat yang tergolong kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi atau website resmi PeduliLindungi. Nantinya akan muncul tiket vaksin dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat sesuai jadwal yang ditentukan.

Ada dua cara yang dilakukan, yaitu melalui website dan aplikasi PeduliLindungi. Berikut langkah-langkah mengecek melalui website PeduliLindungi:

  1. Kunjungi situs pedulilindungi.id
  2. Masukkan 'nama lengkap' dan 'NIK' untuk mengecek status dan tiket vaksinasi ke-3. Kemudian klik 'periksa
  3. Jika kamu termasuk kelompok prioritas, akan muncul tiket dan jadwal vaksin ke-3.

Cara Cek Tiket-Jadwal Vaksin Ke-3 di Aplikasi PeduliLindungi

Selain melalui website, cek tiket dan jadwal vaksin ke-3 dapat dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan kamu sudah mendownload aplikasi melalui AppStore atau PlayStore
  2. Jika sudah, buka aplikasi PeduliLindungi di handphone
  3. Masuk dengan akun yang terdaftar
  4. Pilih menu 'Profil' lalu pilih 'Status vaksinasi dan hasil tes COVID-19'
  5. Nantinya akan muncul status dan jadwal vaksinasi booster
  6. Untuk mengecek tiket vaksin, pilih menu 'Riwayat dan Tiket Vaksin'

Sebagai catatan, jika termasuk kelompok prioritas namun saat mengecek belum ada jadwal dan tiket vaksinasi booster, silakan datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan melampirkan KTP asli dan surat keterangan vaksin dosis 1 dan 2.

Kini syarat vaksin ke-3 dan cara mengecek tiket dan jadwalnya di PeduliLindungi telah diketahui. Simak informasi lain soal jenis vaksin yang akan diberikan di halaman selanjutnya.