Sapaan 'Sahabat' dari Megawati dan Cerita Ahok Ganti Panggilan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 07:46 WIB
Ahok berbaju putih bareng Megawati (Instagram @basukibtp)
Foto: Ahok berbaju putih bareng Megawati (Instagram @basukibtp)
Jakarta -

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarno Putri menjalin kedekatan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Megawati memanggil Ahok dengan 'sahabat' pernah juga singgung soal ganti panggilan jadi BTP.

di acara HUT ke 49 PDIP, yang disiarkan di akun YouTube resmi PDIP, Senin (10/1), megawati menyapa para menteri di kabinet, dan kakak Megawati, Guntur Soekarnoputra. Kemudian, Mega menyebut nama Ahok, yang kini menjabat Komisaris Utama PT Pertamina.

"Terus ada sahabat saya Pak Ahok atau yang berkenan Basuki Tjahaja Purnama. Saya mencoba untuk melihat di layar tapi karena begitu banyak yang hadir sehingga saya tidak bisa melihat satu per satu," ujar Megawati.

Maksud Sapaan 'Sahabat'

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan penjelasan soal sapaan 'Sahabat' dari Megawati itu. Menurut Hasto, Mega membangun kedekatan dengan beberapa tokoh seperti dengan Prabowo Subianto, dan tokoh-tokoh lainnya.

Hasto menyebut Megawati dengan Ahok memang kerap melakukan dialog politik kebangsaan dalam berbagai kegiatan. Hasto lantas menyebutkan prestasi Ahok di Jakarta.

"Jadi menyebut sahabat tadi ya memang sahabat, apalagi Pak Ahok ini kan menjadi korban terkait dengan pemilu Jakarta, prestasi Pak Ahok luar biasa, termasuk membangun masjid luar biasa, prestasi ketegasan dalam berbagai bentuk-bentuk konspirasi kekuasaan yang ingin menggunakan kekuasaan membangun kapital, Pak Ahok paham dan mempunyai keberanian menghadapi itu," ujarnya.

"Sehingga itu merupakan hal yang nature sifatnya karena Bu Mega dekat dengan sosok yang menjalankan tugasnya dengan semboyan laksanakan kewajibanmu dengan sungguh-sungguh selama untuk kepentingan bangsa dan negara tanpa menghitung akibatnya," katanya.