3 Momen Akrab Megawati dan Ahok yang Disapa 'Sahabat Saya'

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 13:24 WIB
Ahok berbaju putih bareng Megawati (Instagram @basukibtp)
Ahok berbaju putih bareng Megawati. (Instagram @basukibtp)
Jakarta -

Megawati Soekarnoputri secara khusus menyapa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam acara HUT ke-49 PDI Perjuangan. Momen sapaan dan keakraban Megawati kepada Ahok ini juga sudah pernah terjadi beberapa kali sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, HUT ke-49 PDIP itu disiarkan di akun YouTube resmi PDIP. Senin (10/1/2022). Megawati mulanya menyapa para menteri di Kabinet Indonesia Maju dari Menko Polhukam Mahfud Md, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menhan Prabowo Subianto, hingga Kepala BRIN Laksana Tri Handoko.

Lalu Megawati menyapa tokoh yang didengarnya juga hadir. Salah satu yang mendapat sapaan khusus dari Megawati adalah Ahok, yang kini menjabat komisaris utama PT Pertamina.

Momen serupa pernah terjadi di acara lainnya. Bahkan Ahok juga pernah menemani Megawati dalam sebuah acara makan siang.

1. Momen Makan Siang

Pada 2017, Ahok menjadi Cagub DKI dalam Pilgub 2017. Ketika itu Ahok sempat semobil dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto setelah bertemu dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Ahok kemudian diajak oleh Megawati untuk ke Kedubes Singapura untuk makan siang.

"Makan, ikut ke Kedubes Singapura. Ibu Mega ketemu deputinya. Dia teman saja, suruh temani," kata Ahok di sebuah mal di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/3/2017).