Karakteristik Terbaru Omicron Bikin Menkes Berpesan Tak Usah Panik

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 06:12 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Budi Gunadi Sadikin (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkap karakteristik varian Omicron. Budi meminta warta tak panik meskipun Indonesia bersiap menghadapi gelombang Omicron.

"Kembali lagi kita akan menghadapi gelombang dari Omicron ini, tidak usah panik, kita sudah mempersiapkan diri dengan baik dan pengalaman menunjukkan walaupun naiknya cepat, tapi gelombang Omicron ini juga turunnya pun cepat," kata Budi saat jumpa pers virtual, Senin (10/1/2022).

Guna mencegah penularan Omicron, Budi mengingatkan warga untuk taat protokol kesehatan. Dia juga mengajak warga untuk mengikuti vaksinasi.

"Sehingga yang penting jangan lupa jaga prokes, disiplin juga melakukan surveilans dan yang paling penting percepat vaksinasi rekan-rekan kita, keluarga kita yang belum mendapatkan vaksinasi," jelasnya.

Kenaikan Omicron Lebih Tinggi dari Delta, tapi...

Budi mengatakan kenaikan transmisi virus Corona varian Omicron jauh lebih tinggi dari Delta. Namun demikian, kata Budi, jumlah orang yang dirawat jauh lebih rendah.

"Kami juga ingin menyampaikan ke masyarakat bahwa memang kenaikan transmisi Omicron akan jauh lebih tinggi dari Delta, tetapi yang dirawat jauh lebih sedikit," kata Budi.

Kemenkes pun telah menyiapkan strategi dalam menghadapi gelombang Omicron. Strategi itu, kata dia, penanganan pasien akan difokuskan ke perawatan di rumah.

"Sehingga strategi layanan dari Kementerian Kesehatan akan digeser yang sebelumnya fokus ke rumah sakit sekarang fokusnya ke rumah. Karena akan banyak orang yang terkena dan tidak perlu ke rumah sakit," tutur dia.