Menkes: Gelombang Omicron Naik Cepat, Turunnya Juga Cepat

Tim detikcom - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 16:03 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Jumlah kasus Corona varian Omicron di Indonesia kini sebanyak 414 kasus. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, meski gelombang Omicron naik cepat, turunnya pun akan cepat.

"Pengalaman menunjukkan walaupun naiknya cepat tapi gelombang Omicron ini juga turunnya pun cepat," ujar Budi Gunadi dalam konferensi Pers, Senin (10/1/2022).

Masyarakat diminta tidak panik terkait adanya gelombang Omicron. Budi Gunadi memastikan pemerintah telah menyiapkan penanganan dengan baik.

"Kita akan menghadapi gelombang dari Omicron ini, tidak usah panik, kita sudah mempersiapkan diri dengan baik," tuturnya.

Menurut Budi, saat ini yang perlu dilakukan yaitu disiplin dalam menjalani protokol kesehatan (Prokes). Hingga memastikan proses percepatan vaksinasi kepada masyarakat.

"Sehingga yang penting jangan lupa jaga prokes disiplin melakukan surveilans dan yang terpenting percepat vaksinasi rekan-rekan kita, keluarga kita yang belum mendapatkan vaksinasi," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat kabinet tentang penanganan COVID-19. Jokowi meminta warga tak pergi ke luar negeri selama beberapa pekan ke depan.

Luhut mengungkap tren peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia disebabkan oleh pelaku perjalanan luar negeri.

"Tren peningkatan kasus COVID-19 disebabkan oleh pelaku perjalanan luar negeri dan presiden secara spesifik menekankan ini tadi, untuk kita dianjurkan menahan diri dulu beberapa minggu ke depan untuk tidak ke luar negeri," kata Luhut.

Luhut mengatakan kasus COVID-19 pelaku perjalanan luar negeri ini menyebabkan kenaikan kasus aktif di Indonesia. Selain itu, perawatan pasien di Jawa-Bali juga meningkat.

(dwia/imk)