Respons Ayah Vanessa Angel Dipolisikan soal Pepatah 'Anjing Menggonggong'

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 16:13 WIB
Doddy Sudrajat tertunduk usai diperiksa laporan pencemaran nama baik Rofii
Doddy Sudrajat tertunduk usai diperiksa laporan pencemaran nama baik Rofi'i. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat, dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik. Pihak Doddy Sudrajat angkat bicara soal laporan yang dilayangkan oleh Rofi'i itu.

Sebelumnya Rofi'i melaporkan Doddy Sudrajat soal penggunaan kata 'anjing' yang membalas konten video dari Rofi'i. Rofi'i saat itu membuat konten yang menyinggung wacana Doddy Sudrajat memindahkan makam almarhumah Vanessa Angel.

Pengacara Doddy, Djamalluddin Koedoeboen, menerangkan penggunaan kata yang dipermasalahkan terlapor. Menurut Djamalluddin, kata itu merupakan bagian dari kalimat kiasan yang tidak bisa dimaknai secara harfiah.

"Apa yang disampaikan beliau sifatnya umum dan itu arti kiasan dari sebuah konsistensi, komitmen. Kalau bahasa tulisan narasi konten itu kan 'sekalipun Anda berikan pabrik Samsungnya saya nggak akan mundur dan hentikan langkah'. Dan ada tambahan di bawahnya biarkan 'anjing menggonggong kafilah tetap berlalu'. Itu arti kiasan walau dicemooh dicerca ini akan tetap berjalan sesuai keyakinan. Itu bukan ditujukan kepada dia, kok dia yang tersinggung," kata Djamalluddin saat dihubungi, Senin (10/1/2022).

Djamalluddin mengatakan laporan yang ditunjukkan kepada kliennya dianggap salah alamat. Pasalnya, pelaporlah yang justru menyindir terlebih dulu ke pihak Doddy Sudrajat.

"Dan yang harus lapor kan kami pihak Pak Doddy, bukan dia kan. Hubungan dia apa, dia siapa, apa hak dia lapor-lapor apa yang harus buat dia melaporkan. Kan dia yang sudah ada kesan merendahkan, melecehkan dan samakan dengan komitmen keluarga sama dengan sebuah harga handphone," jelas Djamalluddin.

Selain itu, Djamalluddin mengatakan pihak Doddy Sudrajat tengah mempertimbangkan untuk melaporkan balik pelapor atas tindakannya tersebut.

"Itu sedang kami pertimbangkan. Akan kami lihat proses perjalanannya bagaimana pun kami akan bersikap," katanya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.