Anies Pamer Progres Taman Tebet, Ada Naturalisasi Sungai-Connecting Bridge

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 10:08 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan jembatan penghubung taman selatan dan utara pada revitalisasi taman tebet menjadi Tebet Eco Garden di Jakarta, Kamis (9/12/2021). Pembangunan Tebet Eco Garden direncanakan memiliki fasilitas jembatan penghubung, area bermain anak, community garden, thematic garden dan sarana olahraga. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Pembangunan Tebet Eco Garden (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan progres revitalisasi Taman Tebet di Jakarta Selatan menjadi Tebet Eco Park. Salah satu fasilitas yang ditambahkan adalah Infinity Connecting Bridge, yang pembangunannya hampir rampung.

"Saat ini proses pembangunan ikon Tebet Eco Park (Infinity Connecting Bridge) sudah mencapai 90%," tulis Anies melalui unggahan di Instagramnya, @aniesbaswedan, Minggu (9/1/2022).

Anies menuturkan Pemprov DKI Jakarta mulai merevitalisasi kawasan ini pada 2021. Tebet Eco Park merupakan taman maju bersama grande ketiga yang direvitalisasi setelah TMB Mataram dan TMB Puring.

"Taman ini yang mengusung tiga konsep utama dalam pembangunannya, yaitu mengedepankan fungsi ekologi, sebagai ruang sosial dan juga sebagai ruang edukasi serta rekreasi," jelas Anies.

Lebih lanjut Anies menjelaskan, jembatan yang digadang-gadang sebagai ikon Tebet Eco Park itu merupakan fasilitas yang menghubungkan Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Sebelum jembatan ini ada, kedua taman itu terpisahkan oleh Jalan Tebet Raya.

Selain jembatan, Pemprov DKI melakukan naturalisasi sungai existing di dalam taman. Naturalisasi berupa pelebaran dan perubahan profil tanggul supaya bisa difungsikan sebagai kolam retensi.

"Sungai eksisting dalam taman juga dinaturalisasi dengan pelebaran dan perubahan profil tanggul agar bisa menjadi kolam retensi saat hujan," ujarnya.

Prasarana lain yang dibangun adalah taman bibit dan taman tematik. Taman-taman ini akan diperuntukkan bagi komunitas berkebun sekaligus menjadi tempat bermain anak. Terakhir, Anies juga menargetkan Tebet Eco Garden di buka setelah PPKM Jakarta kembali ke level 1.

"Mari terus disiplin protokol kesehatan dan segerakan vaksin bagi yang belum. Agar saat taman ini tuntas nanti, PPKM di Jakarta juga Insya Allah sudah kembali ke level 1 dan teman-teman bisa mengunjungi taman ini," ucapnya.

Simak juga 'Melihat Revitalisasi Taman Tebet yang Akan Difungsikan Jadi Pengendali Banjir':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)