Revitalisasi Taman Tebet Jaksel Akan Gunakan Dana KLB

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 17:33 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan revitalisasi Taman Tebet, Kamis (22/10). Taman yang berada di kawasan Tebet direvitalisasi menjadi Eco Garden.
Revitalisasi Taman Tebet (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta akan merevitalisasi sejumlah fasilitas publik. Salah satunya yang akan direvitalisasi Taman Tebet di Jakarta Selatan (Jaksel).

"Ada beberapa titik yang dilakukan revitalisasi, termasuk Taman Tebet," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (5/11/2020).

Riza mengatakan, revitalisasi Taman Tebet itu menggunakan dana koefisien lantai bangunan (KLB) dari swasta, bukan menggunakan ABPD. Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci berapa anggaran untuk revitalisasi Taman Tebet.

"Kalau tidak salah itu dari KLB bukan dari APBD," ucap Riza.

Berdasarkan akun Instagram Pemprov DKI, ada enam hal yang akan direvitalisasi di Taman Tebet. Berikut penjelasannya:

1. Akan dibuat Infinity Connecting Bridge buat menyatukan Taman Tebet Utara & Taman Tebet Selatan yang selama ini terpisah Jl. Tebet Raya.

Jembatan ini bakal menyatukan aktivitas taman, manjakan pejalan kaki dan pesepeda.

2. Taman Maju Bersama ini punya visi mengembalikan fungsi taman secara ekologi, menjadi sarana interaksi, edukasi, dan rekreasi bagi masyarakat DKI Jakarta.

3. Sungai sepanjang taman bakal dinaturalisasi dengan pelebaran dan perubahan profil tanggul, agar bisa jadi kolam retensi saat hujan.

4. Pohon yang tidak sehat akan diganti. Naturalisasi akan menyesuaikan dengan kondisi vegetasi yang ada.

5. Memiliki fasilitas baru seperti jogging track, plaza, sentra makanan, taman tematik, taman bibit yang diperuntukkan oleh komunitas farming, dan taman bermain anak.

Baca juga: Revitalisasi 5 Taman, Pemprov DKI Anggarkan Rp 140 Miliar

6. Konsep taman bermain anak di sana menggunakan inspirasi hewan-hewan di habitat rawa, seperti meluncur bagai ular, melompat bagai katak, dan memanjat bak tupai.

(man/jbr)