Kilas Tugu Pamulang: Dikritik Warga hingga Direvitalisasi Rp 700 Juta

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 08 Jan 2022 21:14 WIB
Tugu Pamulang yang sempat disorot banyak pihak karena berbeda dengan desain awal hampir selesai direnovasi. Begini wujudnya sekarang.
Tugu Pamulang (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Tugu Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) sempat menjadi sorotan warga karena penampakan aslinya berbeda jauh dengan gambar desain. Tugu tersebut kemudian dikritik dan menjadi perbincangan di media sosial.

Mulanya, foto tugu di Pamulang itu disorot oleh warganet di Twitter. Dalam gambar yang dilihat detikcom, desain itu berbeda jauh dengan hasil tugunya yang hanya tampak kerangkanya. Gambar desain dan foto tugu itu diunggah oleh pemilik akun @handjobservice pada 8 April 2021.

"Kebanyakan pembangunan di Pamulang emang gaib. Proyek pemerintah aja bisa disegel sama pemerintah sendiri," tulisnya dalam cuitan yang memuat gambar kolase tersebut.

Dalam cuitan lanjutannya, dia mengatakan proyek tugu tersebut dikerjakan oleh Pemprov Banten. Namun dia tetap mempertanyakan soal wewenang proyek tugu ini.

"Btw tadi sempet nyari berita terkait, dan nyoba nyari laporan pengadaannya. Katanya Tahun Anggaran 2018, dikerjakan Dinas PUPR Banten, tanah milik provinsi Banten. Tapi di LPSE Banten, PUPR (Kementerian), dan Tangsel nggak ada yang match. Jadi, sebenernya proyek ini wewenang siapa ya?" ungkapnya.

Penjelasan Pemprov Banten

Kepala Dinas PUPR Pemprov Banten, Trenggono, bercerita pembangunan Tugu Pamulang sudah dilakukan sejak 2017. Namun di pertengahan jalan, Pemkot Tangsel merevisi desain Tugu Pamulang.

"Di 2018 akhir sudah diselesaikan nah dari pemkot (Tangsel) itu mereka minta dilakukan perbaikan lah. Nah, 2019 ini, ada komunikasi desainnya seperti, nah salah satunya desainnya adalah yang ada di viral sekarang. Jadi, 2019 itu desainnya yang diusulkan, kita juga sudah menganggarkan akhirnya 2020 mulai ada kegiatan tadi sehingga tidak ditindaklanjuti maklumlah birokrasi," ujar Trenggono kepada wartawan, Minggu (11/4).

Dia menuturkan masalahnya ada pada koordinasi antara Pemkot Tangsel dan Pemprov Banten. Terlebih dengan adanya pandemi Corona, sehingga pengerjaan Tugu Pamulang tersendat.

Trenggono membenarkan bahwa Tugu Pamulang merupakan aset Pemprov Banten. Kemudian, Trenggono mengatakan bangunan Tugu Pamulang yang saat ini berdiri merupakan desain awal.

Tugu Pamulang Sempat Ditutup Seng

Tugu yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangsel itu kemudian ditutupi seng. Pantauan detikcom di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu 14 April 2021. Seng itu dipasang melingkari bagian bawah tugu. Tinggi pagar seng itu sekitar 2 meter.

"Prinsipnya saya yang inisiasi dikasih seng," kata Kadis PUPR Banten Trenggono.

Pemasangan seng, katanya, ditujukan agar warga mengerti tugu itu masih dalam tahap pembangunan. Dia menegaskan pembangunan tugu itu belum selesai.

Simak berita selanjutnya di halaman berikut