Round-Up

Sayembara Ulang Tugu Pamulang Setelah Viral 'Tinggal Tulang'

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 04:33 WIB
Tugu Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Tugu Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. (Andhika Prasetia/detikcom)
Tangerang -

Tugu Pamulang, Banten, viral di media sosial karena beda jauh dengan desainnya. Gubernur Banten Wahidin Halim mengumumkan akan sayembara ulang terkait bentuk, gambar dan desain tugu tersebut.

"Setelah saya menggali persoalan, mempelajari tentang latar belakang dan lain sebagainya, perlu saya tegaskan bahwa pembangunan tugu atau menara itu dibangun tahun 2018 dan sudah dinyatakan selesai final. Tugu itu dibangun dengan latar belakang dan pertimbangan, karena sebelumnya lokasi itu kumuh. Ada baliho yang rusak, miring, dan di bawahnya juga banyak sampah-sampah," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (15/4/2021).

Ia kaget dengan perbedaan bentuk Tugu Pamulang yang telah selesai dibangun 2018 tersebut. Kini, Wahidin meminta publik terlibat dalam desain.

"Ya sudah sayembarakan sekalian, kita undang publik. Menurut publik mana yang bagus silakan desain. Kita sayembarakan nanti melalui proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkapnya.

"Tapi sementara ini kita pastikan bahwa itu sudah final, sudah jadi. Yang kita lakukan, kalaupun diperlukan perubahan sesuai dengan selera publik atau karena perbedaan pendapat secara demokratis. Hari ini saya umumkan sayembara, siapa punya gambar dan desain yang bagus berdasarkan pertimbangan estetika arsitektur, kami tunggu," lanjutnya.

Tugu Pamulang Ditutup SengTugu Pamulang Ditutup Seng Foto: Andhika/detikcom

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy telah memerintahkan langsung jajarannya untuk pembongkaran Tugu Pamulang. Menurutnya, pembongkaran dilakukan supaya tidak jadi permasalahan di masyarakat.

"Saya sudah perintahkan bongkar, dari pada jadi, istilahnya, permasalahan di masyarakat," kata Andika di Cilenggang, Serpong, Tangsel, Kamis (15/4/2021).

Dia menjelaskan bahwa tugu tersebut memang sudah bermasalah sejak 2018. Menurutnya, saat 2018 pembangunan terkendala karena revisi desian tugu.

Pada 2018 bangunan tugu tersebut direncanakan untuk direvitalisasi dengan anggaran tahun 2019. Namun, anggaran revitalisasi tugu kembali terkendala karena refocusing untuk penanganan COVID-19.

"Kita juga pemprov mau ngerjain bangunan, sekolah, mau ngerjain jalan semua kan terkendala. Kita tidak mengesampingkan tugu ya tapi yang skala prioritas lain (juga) tertahan proses pembangunannya," tambahnya.

Sebelumnya, tugu Pamulang, Tangerang Selatan, ramai diperbincangkan di media sosial. Pasalnya, bangunan tugu tersebut sangat berbeda jauh dengan desainnya.

Tonton juga Video: Ini Penampakan Proyek Tugu Sepeda Rp 800 Juta di Sudirman Jakpus

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)