Pemprov DKI Bakal Pugar Stadion Indoor di Kawasan GBK

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 08 Jan 2022 18:38 WIB
Desain gedung IMS GBK
Desain gedung IMS GBK (dok. Pemprov DKI)
Jakarta -

Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta akan memugar gedung Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Situs Cagar Budaya kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Pemugaran dilakukan berdasarkan surat rekomendasi permohonan pemugaran.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan penerbitan surat telah melalui proses sidang bersama tim sidang pemugaran Provinsi DKI Jakarta. Dia menyampaikan pihaknya mengupayakan agar pemugaran didesain sesuai bangunan cagar budaya kawasan tersebut.

"Melalui berbagai masukan dan saran dalam sidang dari para ahli yang memiliki kompetensi di bidang pelestarian, kami mengupayakan desain akhir gedung IMS GBK yang dirancang dapat tetap sesuai dengan bangunan cagar budaya pada kawasan tersebut," kata Iwan melalui keterangan tertulis, Sabtu (8/1/2022).

Desain gedung IMS GBKDesain gedung IMS GBK (dok. Pemprov DKI)

Iwan berharap pemugaran gedung IMS GBK bisa menjadi ruang publik baru yang memenuhi kebutuhan dan fungsi dari kawasan tersebut. Namun dengan tetap menikmati kawasan eksistensi bersejarah dan bernilai tinggi.

"Sebagai bangunan dengan fungsi baru pada kawasan tersebut, gedung IMS GBK diharapkan dapat menjadi ruang publik yang baru untuk memenuhi kebutuhan fungsi dan sekaligus dapat menikmati eksistensi kawasan yang bersejarah serta bernilai tinggi tanpa mengurangi rasa hormat terhadap sekitarnya," ujarnya.

Iwan menerangkan, pemugaran ditujukan untuk memenuhi kebutuhan ruang dalam memfasilitasi kegiatan olahraga cabang bola basket. Pemugaran juga sebagai upaya perlindungan terhadap bangunan-bangunan yang masuk sebagai cagar budaya.

Pembangunan gedung IMS ini dirancang oleh arsitek Insinyur Widharko dengan konsep desain terinspirasi dari kerajinan tangan anyaman keranjang, sebuah produk seni budaya Indonesia yang erat dengan aspek kehidupan bangsanya.

Prinsip anyaman yang saling bertumpang dan bertumpuk diabstraksikan menjadi bentuk massa bangunan berlapis dengan variasi pola yang unik, merepresentasikan 'spirit of craftsmanship'.

Rencananya, gedung IMS akan dibangun di barat laut Kawasan Situs Cagar Budaya kompleks Gelora Bung Karno atau di timur Gedung Hall A Basket. Pembangunan ini merupakan proyek stadion multifungsi yang dirancang dengan standar internasional melalui pendekatan 'sikap' yang mengadaptasi bahasa arsitektur sekitar.

Lihat juga video 'Geger Pengguna Kursi Roda Dilarang Masuk GBK, Pengelola Minta Maaf':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/jbr)