Pria Berkursi Roda yang Sempat Dihalangi Petugas GBK Angkat Bicara

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 11:18 WIB
Pengguna kursi roda yang sempat dihalangi masuk sekuriti GBK.
Abil Asswad (Tangkapan layar video viral)
Jakarta -

Video berisi pria berkursi roda yang dihalangi masuk ke ring road Stadion Gelora Bung Karno (GBK) menjadi viral. Pihak GBK sudah meminta maaf. Pria berkursi roda itu angkat bicara.

Pria berkursi roda itu bernama Abil Asswad. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (26/12) sekitar pukul 19.00 WIB kemarin.

"Saya mau olahraga, muter-muter sambil jalan-jalan. Sebelumnya masih boleh-boleh saja, tapi kemarin tiba-tiba nggak boleh masuk," kata Abil Asswad kepada detikcom, Selasa (28/12/2021).

Pada waktu sebelumnya, dia bisa masuk ke ring road GBK itu, namun pada Minggu kemarin dia sempat dihalangi petugas jaga. Soalnya, ada larangan yang tertera pada papan di dekat gerbang, "Sepeda, skateboard, raket, bola, sepatu roda, skuter, dan sejenisnya dilarang masuk Ring Road Stadion Utama". Maka, menurut petugas di lokasi saat itu, kursi roda tidak boleh masuk karena dinilai sama-sama punya roda seperti sepeda hingga skuter. Belakangan, pihak GBK meminta maaf.

Aturan soal apa yang tidak boleh masuk ke ring road Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Dok Abil Asswad/detikcom)Aturan soal apa yang tidak boleh masuk ke ring road Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Dok Abil Asswad/detikcom)

"Dari pihak pengelola GBK kemarin sudah menghubungi lewat WhatsApp saya dan meminta maaf, dan ingin mengajak ketemu di GBK hari Rabu (29/12) jam 15.00 WIB sore," kata Abil Asswad.

Meski begitu, Abil belum langsung menjawab permintaan maaf tersebut. Dia bersama teman-teman disabilitas ingin terlebih dahulu bertemu dengan pengelola GBK. Dia punya harapan.

"Jangan sampai ada diskriminasi lagi terhadap semua disabilitas agar para disabilitas tidak merasa adanya perbedaan. Kita semua mempunyai kebutuhan yang sama. Hanya saja, kemampuan kita yang terbatas. Saya berharap untuk lebih dibenahi lagi akses-akses khusus disabilitas," kata Abil.

Video itu viral lewat unggahan Koalisi Pejalan Kaki di Instagram. Koalisi Pejalan Kaki menilai GBK bak diberi kartu merah lewat adanya peristiwa pelarangan kaum disabilitas masuk ring road Stadion Utama GBK itu. Padahal sebelumnya, GBK juga menggelar Asian Para Games 2018 untuk kaum disabilitas.

Direktur Utama GBK Adi Kusumo telah meminta maaf atas kejadian tersebut. Dia menegaskan kaum disabilitas boleh masuk GBK.

"Sebenarnya untuk disabilitas itu sangat-sangat diperbolehkan. Jadi mohon maaf sekali dari kami, dari manajemen. Kami tentu tidak ingin hal ini terjadi karena sebenarnya GBK sangat terbuka untuk kegiatan disabiitas, bahkan Asian Para Games juga diadakan di GBK," tutur Adi kepada detikcom, sebelumnya.

Simak Video 'Geger Pengguna Kursi Roda Dilarang Masuk GBK, Pengelola Minta Maaf':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/imk)