Video 20Detik

Momen Pengguna Kursi Roda Dilarang Masuk GBK, Pengelola Minta Maaf

dtv - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 11:38 WIB
Jakarta -

Beredar video penyandang disabilitas pengguna kursi roda dilarang masuk area Stadion Gelora Bung Karno (GBK) oleh petugas keamanan. Pihak pengelola GBK pun meminta maaf.

"Memang benar kemarin saya sudah lihat videonya. Kami selaku pengelola GBK menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanannya terhadap pengunjung yang kemarin sempat viral ya. Sebetulnya ini ada kesalahpahaman petugas kami di lapangan," ujar Kadiv Humas GBK Dwi Putranto saat dihubungi 20detik, Selasa (28/12/2021).

Menurut Dwi, GBK tidak melarang penyandang disabilitas berolahraga. Para penyandang disabilitas diperbolehkan berolahraga di ring road maupun kawasan GBK.

"Disabilitas itu boleh masuk, baik di ring road maupun di kawasan. Kemarin kejadiannya beliau mau masuk ke ring road, tapi pada intinya GBK tidak melarang untuk disabilitas," kata Dwi.

Diketahui, pria berkursi roda yang bernama Abil Asswad pada Minggu (26/12) sekitar pukul 19.00 WIB mengunjungi Stadion GBK. Ia berencana berolahraga namun sempat tak diizinkan masuk ke ring road GBK.

Petugas keamanan yang menghalangi itu beralasan kursi roda sama seperti sepeda, sepatu roda, dan skuter. Di mana alat beroda dilarang masuk ke ring road GBK.

"Itu kan kendaraan, alat transportasi. Ini kursi roda bagian dari tubuh. Kalau ada larangan seperti ini, kita-kita orang disabilitas merasa terdiskriminasi," kata Abil.

Petugas juga memberi syarat kepada Abil agar boleh masuk ke GBK. Abil diminta didampingi oleh orang lain. Namun akhirnya petugas berompi oranye memperbolehkan pria berkursi roda itu masuk ring road GBK.

(gra/gra)