Mencuat Nama Kasetpres Jokowi untuk Jadi Penjabat Gubernur DKI

ADVERTISEMENT

Mencuat Nama Kasetpres Jokowi untuk Jadi Penjabat Gubernur DKI

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 22:06 WIB
Kasetpres Heru Budi Hartono
Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono (Muchlis Jr - Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Masa jabatan Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta bakal habis pada Oktober 2022. Nama Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono pun dimunculkan sebagai kandidat Penjabat Gubernur DKI.

Nama Heru dimunculkan oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Gembong Warsono. Kasetpres Joko Widodo (Jokowi) dinilai menguasai persoalan Jakarta.

"Kalau secara pribadi, Pak Heru baik, penguasaan persoalan Jakarta saya kira oke," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Dengan menguasai persoalan Jakarta, Heru diyakini dapat menentukan masalah apa yang harus diprioritaskan. Karena menguasai persoalan, Heru pun dianggap tidak perlu beradaptasi.

"Kalau dia sudah tahu persoalan Jakarta, mana prioritas yang harus dieksekusi, maka tidak perlu belajar dulu, penyesuaian dulu. Harapan kita seperti itu, sehingga begitu dilantik jadi Pjs DKI, mereka langsung running bekerja," tutur Gembong.

Meski demikian, kewenangan menentukan Penjabat Gubernur DKI berada di tangan Presiden Jokowi. Apakah Heru yang ditunjuk menjadi Penjabat Gubernur DKI? Tak ada satu pun yang bisa menjamin.

"Tapi, apakah pilihan jatuh kepada Pak Heru? Kan kita nggak tahu," pungkas Gembong.

Sebagai informasi, jabatan Gubernur DKI akan kosong karena Pilkada DKI kemungkinan besar digelar pada 2024. Anies sendiri resmi menjadi Gubernur DKI setelah dilantik Presiden Jokowi pada 16 Oktober 2017.

Jika merujuk tanggal pelantikan, masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI habis pada 16 Oktober 2022. Setelah itu, tugas dan fungsi Gubernur DKI akan dijalankan oleh penjabat gubernur.

Kembali ke Kasetpres Heru Budi Hartono. Setidaknya ada satu tanggapan positif dari partai penghuni DPRD DKI.

Simak di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT