Soal Rivalitas Negara Besar, Menlu: ASEAN Harus Jadi Jangkar Stabilitas

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 19:58 WIB
Menlu Retno Marsudi
Foto: detikcom
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mendorong negara di ASEAN agar memperkuat sentralitas dan solidaritasnya. Utamanya dalam menjaga perannya sebagai jangkar stabilitas, perdamaian, dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik.

Sebab menurutnya, tahun 2021 penuh dengan rivalitas antarnegara besar yang semakin tajam. Rivalitas ini utamanya dirasakan di kawasan Indo-Pasifik.

"Untuk tahun 2022, Indonesia akan terus berusaha memperkuat sentralitas dan soliditas ASEAN. ASEAN tetap harus berfungsi sebagai jangkar stabilitas, perdamaian, dan kesejahteraan kawasan Indo-Pasifik," kata Retno dalam keterangan tertulis, Kamis (6/1/2022).

Dalam Pers Tahunan Menlu (PPTM) 2022 hari ini, dia mengatakan Indonesia juga akan mendorong agar High Level Task Force bekerja untuk memperkuat kelembagaan ASEAN sebagai bagian tak terpisahkan dalam pembahasan ASEAN Community's Post-2025 Vision.

Retno menyebut kawasan ASEAN harus tetap relevan, sehingga dapat merespons dengan tepat berbagai tantangan baru di kawasan dan dunia. Selain itu, manfaat ASEAN harus terus dirasakan oleh masyarakat di negara anggotanya.

"Untuk itu, Indonesia akan terus mendorong kerja sama konkret ASEAN Outlook on the Indo-Pacific dengan negara mitra," tandasnya.

(prf/ega)