Kepala BIN Beberkan 3 Kecurangan-Pelanggaran Karantina, Apa Saja?

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 16:27 WIB
Kepala BIN, Jenderal Pol. Drs. Budi Gunawan
Budi Gunawan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan membeberkan modus-modus kecurangan yang terjadi saat karantina untuk mencegah penyebaran virus Corona. Budi mengatakan BIN mengawasi secara ketat setiap pintu masuk menuju Indonesia untuk memantau para pelaku perjalanan dari luar negeri.

"Kami dari intelijen juga mengamati secara ketat pintu-pintu masuk bagi perjalanan luar negeri, termasuk dalam masa karantina," ujar Budi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (6/1/2022).

Budi menjelaskan BIN menemukan banyak pelanggaran dan kecurangan di lapangan. Setidaknya ada tiga hal yang disoroti BIN.

"Dari hasil surveillance di lapangan, perlu saya informasikan bahwa faktanya masih banyak pelanggaran yang menunjukkan masih tidak disiplin dan tidak tertib dalam melaksanakan karantina. Masih banyak pemain-pemain pengganti," tuturnya.

Budi menjelaskan pelanggaran karantina kedua berkaitan dengan interaksi antara pelaku karantina dengan orang yang tidak melakukan karantina. Dia mengungkap interaksi tersebut seperti dengan penjual makanan, driver ojek online (ojol), hingga teman-teman.

"Yang kedua, ada interaksi terjadi karena para penjual makanan, ojol, maupun saudara atau teman-teman datang ke tempat karantina," jelas Budi.

Lebih lanjut, Budi mengatakan kecurangan ketiga berbentuk adanya pelaku karantina yang bernegosiasi dengan petugas supaya bisa karantina mandiri di rumah.

"Termasuk upaya untuk negosiasi membujuk para petugas bisa karantina mandiri di rumah," imbuhnya.

Simak juga Video: Aturan Anyar, Durasi Karantina dari Luar Negeri Jadi 7 dan 10 Hari

[Gambas:Video 20detik]



(drg/maa)