ADVERTISEMENT

Sosok Mayjen Mulyo: Danrem Surakarta, Pangdam Jaya, Kini ke Kemenko Polhukam

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 13:07 WIB
Mayjen TNI Mulyo Aji (Dok istimewa)
Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa resmi memutasi Mayjen Mulyo Aji dari jabatan Panglima Kodam Jayakarta (Pangdam Jaya). Dalam karier kedinasan, Mulyo Aji pernah mengisi jabatan strategis di kewilayahan sebelum menjadi Pangdam Jaya.

"Betul," kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat dimintai konfirmasi detikcom perihal mutasi Pangdam Jaya, Kamis (6/1/2022).

Pada mutasi terbaru, Mayjen Mulyo Aji dipromosikan mengisi job bintang tiga. Dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/5/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, Mayjen Mulyo Aji ditunjuk menjadi Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Seskemenko Polhukam).

Usia kepemimpinan Mayjen Mulyo Aji di Kodam Jaya hanya 7 bulan lebih, terhitung sejak akhir Mei 2021. Dari informasi yang dihimpun, Mulyo Aji pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 0824/Jember.

Dia juga pernah dipercaya menduduki jabatan Komandan Resimen Induk Kodam (Danrindam) Iskandar Muda pada 2010 hingga 2011. Dia lalu ditunjuk sebagai Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta pada 2012 hingga 2014.

Perjalanan karier mengisi jabatan strategis di wilayah berlanjut. Mulyo Aji ditunjuk sebagai Inspektur Kodam III/Siliwangi.

Setelah itu, Mulyo Aji ditarik ke lingkungan Mabes TNI Angkatan Darat (Mabes AD) sebagai Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat pada 2018 hingga 2020, kemudian Asisten Personil Kepala Staf Angkatan Darat (Aspers KSAD).

Dari jabatan Aspers KSAD, dia lalu ditunjuk sebagai Pangdam Jaya, menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman, yang kala itu dimutasi sebagai Pangkostrad.

Lihat juga Video: 3,5 Jam Bareng Sultan HB X, Panglima TNI Ngobrol Apa?

[Gambas:Video 20detik]



(aud/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT