Mutasi Pangdam Jaya, Mayjen Mulyo Aji Diganti Mayjen Untung Budiharto

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 09:43 WIB
Mayjen TNI Mulyo Aji (Dok istimewa)
Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji (dok. istimewa)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengganti perwira tinggi TNI AD yang mengisi jabatan Panglima Kodam Jayakarta (Pangdam Jaya) dari Mayjen Mulyo Aji ke Mayjen Untung Budiharto. Mayjen Mulyo Aji mendapat promosi menduduki job bintang tiga sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Seskemenko Polhukam).

"Betul," ujar Andika saat dimintai konfirmasi detikcom soal mutasi Pangdam Jaya, Kamis (6/1/2022).

Mutasi Pangdam Jaya ini tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/5/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Surat keputusan tersebut diteken Kepala Setum TNI Brigjen Edy Rochmatullah pada Selasa (4/1).

Sebelumnya, 23 November 2021, Andika juga melakukan mutasi perwira tinggi TNI. Saat itu 23 perwira tinggi dimutasi.

Mutasi dan promosi jabatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1029/XI/2021. Surat terbit pada 17 November 2021 atau sesaat setelah Jenderal Andika Perkasa dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Salah satu pati yang diganti adalah Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus. Andika mengganti Mayjen Muhammad Hasan dengan Mayjen Teguh Muji Angkasa.

Bukan hanya jabatan Danjen Kopassus, ada 22 jabatan lain yang juga mengalami pergantian pejabat saat itu.

Lihat juga video 'Menag Anggap Polemik Mutasi Dirjen Bimas Telah Usai!':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/yld)