ADVERTISEMENT

Jokowi Minta RUU TPKS Disahkan, Komnas Perempuan Sentil Parpol yang Tolak

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 18:58 WIB
SITI AMINAH TARDI
Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi (20detik)
Jakarta -

Komnas Perempuan mengapresiasi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) segera disahkan. Komnas Perempuan menilai pernyataan ini sudah ditunggu oleh para korban kekerasan seksual.

"Komnas Perempuan mengapresiasi Presiden Jokowi atas pernyataan publiknya agar RUU TPKS segera disahkan. Pernyataan ini sudah ditunggu para korban, keluarga korban, dan organisasi pendamping mengingat kondisi darurat kekerasan seksual yang terus meningkat hadapi di tengah sistem hukum yang belum berpihak kepada korban, baik dari substansi peraturan perundang-undangan, struktur hukum, maupun budaya hukumnya," kata komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi kepada wartawan, Selasa (4/1/2021).

Komnas Perempuan berharap pernyataan Presiden Jokowi ini mendorong DPR segera melakukan pengesahan. "Pernyataan ini kami harapkan dapat mendorong DPR RI segera menjadikan RUU TPKS sebagai usul inisiatif DPR RI agar segera dapat dibahas bersama pemerintah dan disahkan," ujarnya.

Selain itu, Komnas Perempuan berharap partai politik yang masih menolak RUU ini bisa melihat urgensinya. Pasalnya, RUU ini mengacu pada kunci penghapusan kekerasan seksual.

"Kami berharap parpol yang masih menolak atau menunda RUU TPKS melihat urgensi RUU TPKS. Pembahasan RUU TPKS mengacu pada enam elemen kunci penghapusan kekerasan seksual yaitu tindak pidana, sanksi dan tindakan untuk pelaku, hukum acara kasus kekerasan seksual, hak-hak korban, pencegahan dan pengawasan atau pemantauan," ungkapnya.

Lihat juga video 'Jokowi Dorong RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual Segera Disahkan!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT