ADVERTISEMENT

Respons Jokowi, Pimpinan DPR Pastikan RUU TPKS Segera Dirampungkan

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 17:01 WIB
Sufmi Dasco Ahmad
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menanggapi atensi Presiden Joko Widodo yang meminta agar RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) segera disahkan. Dasco memastikan pihaknya akan segera merampungkan pembahasan undang-undang tersebut.

"DPR RI yang pertama menyambut baik atas atensi yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo," ujar Dasco kepada detikcom, Selasa (4/1/2022).

Dia mengatakan RUU TPKS akan dibawa ke dalam rapat badan musyawarah (bamus) untuk segera disepakati masuk rapat paripurna pada awal masa sidang mendatang.

"Yang kedua, perlu kami sampaikan bahwa dalam rapat paripurna mendatang, setelah pembukaan kami akan mengadakan rapat bamus untuk kemudian menyepakati undang-undang itu dibawa ke dalam rapat paripurna," kata dia.

Kemudian, kata dia, draf RUU TPKS akan segera dikirim ke pemerintah agar memperoleh surat presiden (surpres) beserta daftar inventarisasi masalah (DIM).

"Selanjutnya akan kami kirimkan kepada pemerintah untuk segera diturunkan surpresnya beserta daftar inventarisasi masalah. Secepatnya setelah itu kita akan membahas dan memprioritaskan supaya segera menjadi UU," ujar Dasco.

Dasco menegaskan parlemen tidak menghambat pengesahan payung hukum kasus kekerasan seksual tersebut. Menurutnya, RUU TPKS belum disahkan hingga kini lantaran menghindari cacat prosedur jika tak sesuai mekanisme pembentukan perundang-undangan.

"Jadi tidak betul bahwa kemudian DPR menghambat, tapi bahwa mekanisme yang ada di DPR terutama itu harus dibawa ke rapat pimpinan dan bamus sementara harmonisasi belum selesai dari Baleg kemarin," jelasnya.

"Kemudian kami rapat bamus penutupan itu yang menyebabkan tidak bisa dibawa ke rapat paripurna. Kalau kemarin kami paksakan tidak lewat bamus kemudian rapat paripurna itu akan menyebabkan nantinya malah undang-undang tersebut akan menjadi cacat hukum dan bisa di-JR," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi berharap RUU TPKS segera disahkan. Jokowi meminta substansi dalam UU tersebut fokus pada perlindungan korban kekerasan seksual.

"Sehingga proses pembahasan bersama nanti lebih cepat, masuk ke pokok-pokok substansi untuk memberikan kepastian hukum serta menjamin perlindungan bagi korban kekerasan seksual," ujar Jokowi dalam keterangannya, Selasa (4/1/2022).

Simak Video 'Jokowi Dorong RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual Segera Disahkan!':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT