detikcom Do Your Magic

Sempat Tolak Pembangunan Sumur Resapan, Warga Bona Indah Kini Menerima

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 18:04 WIB
Sumur resapan di Jl Bona Vista, Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 4 Januari 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Sumur resapan di Jl Bona Vista, Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 4 Januari 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jakarta -

Warga perumahan Bona Indah ini sempat menolak pembangunan sumur resapan lantaran pekerjaan kontraktor dinilai tidak efektif. Penolakan ini diutarakan warga usai salah satu sumur resapan jebol dilindas mobil politikus PSI Isyana Bagoes Oka. Kini setelah pembangunan sumur resapan selesai, warga bisa menerima.

Warga telah menerima hasil pembuatan sumur resapan dan hadir dalam seremoni serah-terima yang dilakukan oleh pihak Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan dan kontraktor proyek, yakni PT Arvirotech Konstruksi.

Arnold Mamesah, salah satu Tim Asistensi RW 06 Bona Indah-Lebak Bulus-Cilandak, Jakarta Selatan, yang sempat vokal menyuarakan penolakan pembuatan sumur resapan, kini berbalik sikap.

"Iya waktu itu kan memang sempat banyak permasalahannya, dan di dalam poin tuntutan kita itu kan kita meminta agar di evaluasi pengerjaan secara menyeluruh," ujarnya saat ditemui di Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (4/12/2021).

Setelah itu, menurutnya, pihak SDA Jaksel dan PT Arvirotech Konstruksi pun mulai kembali memperbaiki dan melanjutkan pengerjaan sumur resapan tersebut.

"Awalnya ini kan kita mengira nantinya ini akan tidak baik, tetapi setelah kita lihat kan pengerjaannya memang betul, dan memang kita ini sangat diperhatikan oleh Pemkot Jaksel di sini. Awalnya memang kita menolak, tetapi setelah ada bukti pengerjaan kan warga jadi sudah tidak menolak," jelasnya.

Selain itu, ada warga lain bernama Totok yang turut hadir saat serah-terima pada 28 Desember 2021 lalu. Dia mengatakan bahwa pada saat itu pihak SDA Jaksel dan Kontraktor melakukan inspeksi mendadak (sidak).

"Sebenarnya kalau dibilang sudah selesai juga belum, makanya kalau saya berpikir itu bukan serah terima, tetapi inspeksi mendadak," jelasnya.

Serah terima sumur resapan di Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. (Dok Istmiewa)Serah terima sumur resapan di Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. (Dok Istmiewa)

Kendati begitu, dia mengatakan bahwa pada saat itu banyak warga Perumahan Bona Indah yang tidak menerima adanya pembuatan sumur resapan.

"Iya memang pada saat itu kita menolak, tetapi ya mau gimana lagi, sudah berjalan juga kan, masa iya kita tidak dukung," terangnya.

Menurutnya, setiap program pemerintah daerah DKI sudah seharusnya didukung warga DKI Jakarta agar dapat sukses dalam menjalankan tugas dan wewenangnya.

"Siapa pun gubernurnya harus kita dukung dong, mau siapa yang kita pilih, pas udah jadi harus kita dukung," paparnya.

Simak juga video 'Pakar Tata Kota Trisakti: Sumur Resapan Tak Efektif Atasi Banjir DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)