ADVERTISEMENT

Satgas: 86,6% Populasi RI Memiliki Antibodi COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 17:56 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Satgas Penanganan COVID-19)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengungkap hasil sero survei antibodi di 100 kabupaten/kota. Hasilnya, mayoritas di wilayah tersebut sudah memiliki antibodi COVID-19.

"Terkait hasil sero survei di 100 kabupaten/kota di sebagian wilayah aglomerasi maupun non-aglomerasi sepanjang November sampai Desember 2021," kata jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di akun YouTube BNPB, Selasa (4/1/2022).

Dari wilayah yang di survei, ditemukan bahwa mayoritas populasi sudah memiliki antibodi. Kekuatan tersebut baik yang sudah divaksinasi maupun yang pernah terinfeksi sebelumnya.

"Menunjukkan mayoritas penduduk di Indonesia 86,6% populasi yang daerahnya disurvei telah memiliki antibodi SARS-CoV-2. Baik telah terinfeksi sebelumnya atau karena vaksinasi," ujar Wiku.

Sementara itu, ditemukan pula mayoritas populasi tersebut sudah memiliki antibodi tapi belum pernah terpantau positif Corona atau tervaksinasi.

"73,2% populasi dari daerah yang disurvei ternyata memiliki antibodi padahal belum pernah terdeteksi positif maupun tervaksinasi COVID-19," imbuhnya.

(rfs/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT