Pemkot Jakpus Buka Suara soal Jalan Rusak Gegara Proyek Sumur Resapan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 13:57 WIB
Jalan rusak di Senen, Jakarta Pusat (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jalan rusak di Senen, Jakarta Pusat (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat buka suara terkait Jalan Kompleks Pendidikan, Salemba, Senen, yang rusak akibat bekas proyek sumur resapan. Suku Dinas Sumber Daya Air Jakpus menyebut sumur tersebut mulai dikerjakan pada awal Oktober tahun lalu.

"Sejak Oktober awal bikinnya. Dinas SDA Pemprov," ujar Satuan Pelaksana Sudin Sumber Daya Air (SDA) Pemkot Jakpus Zulfahmi saat ditemui di lokasi, Selasa (4/1/2022).

Zulfahmi menyebut ada kendala dalam tahap pembersihan material proyek sumur resapan tersebut yang hingga kini belum tuntas. Dia berkata, pembersihan material tersebut merupakan tanggung jawab pihak vendor proyek sumur resapan, yakni PT Sarana Perkasa.

"Ada vendor pihak ketiga. Ini sebenarnya sudah jadi, tinggal perapian saja yang terkendala. Itu pihak vendor yang ngebersihin, kita sifatnya nekan doang. Iya mantau doang ke sini," kata Zulfahmi.

Zulfahmi menjelaskan pihak vendor sampai saat ini belum memberi kejelasan terkait pembersihan proyek sumur tersebut akan dirampungkan. Sumur resapan tersebut, menurut Zulfahmi, sengaja dibangun karena tidak tersedianya saluran air yang memadai di sekitar lokasi.

"Alasannya armadanya sedikit, petugasnya nggak ada. Cuma bilang segera-segera saja. Sumur resapan ini keliling area kompleks pendidikan ini. Karena nggak ada saluran, makanya bikin sumur resapan," terang Zulfahmi.

Diberitakan sebelumnya, Jalan Kompleks Pendidikan, Salemba, Senen, Jakarta Pusat, viral di media sosial lantaran rusak dan susah dilewati akibat adanya bekas proyek sumur resapan. Jalan tersebut terpantau dalam kondisi berantakan. Gundukan tanah bekas proyek sumur resapan tampak dibiarkan berada di tengah jalan.

Selain itu, tampak pula dahan pohon melintang di tengah jalan hingga menutupi setengah badan jalan. Terlihat pula, sejumlah paving block berserakan di sisi jalan.