Asa di RKUHP Sebab Konsumen Prostitusi Artis Tak Masuk Penjara

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 07:00 WIB
Ilustrasi Prostitusi Online
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Perkara prostitusi yang melibatkan pesohor kembali mengemuka sebab pria hidung belang yang memakai jasa tak dijerat pidana. Apa mau dikata sebab payung hukum di negeri ini disebut belum tersedia.

Diskursus mengenai pidana bagi konsumen prostitusi kembali mengemuka selepas terbongkarnya kasus prostitusi yang melibatkan pesinetron Cassandra Angelie yang dikenal berperan sebagai Vera di Ikatan Cinta. Cassandra kini berstatus sebagai tersangka bersama-sama dengan muncikari, sedangkan pria yang menjadi pelanggannya bebas.

Perkara Cassandra Angelie

Cassandra Angelie ditangkap polisi di salah satu kamar hotel di Jakarta pada akhir tahun 2021. Singkat cerita Cassandra Angelie ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi bersama-sama dengan 3 orang muncikari yang masing-masing berinisial KK (24), R (25), dan UA (26). Mereka berbagi tugas untuk menawarkan jasa Cassandra Angelie sekaligus menampung transferan.

"Saat dilakukan penangkapan, mereka ada dalam kamar hotel dalam posisi tidak menggunakan pakaian," kata Kombes Zulpan dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (31/12/2021).

"Peran yang bersangkutan (CA) adalah sebagai model dan artis yang dapat melakukan hubungan layaknya suami-istri dengan bayaran tertentu," ujar Zulpan.

Modus pelaku, kata Zulpan, menawarkan Cassandra Angelie dengan mengirimkan gambar-gambarnya. Hal ini juga yang membuat Cassandra Angelie ditangkap polisi.

"Modus operandi mereka menawarkan melalui media sosial, dengan mengirimkan gambar-gambar daripada Saudari CA," ujar Zulpan.

Nasib Si Hidung Belang

Tiga muncikari, plus Cassandra, menjadi tersangka. Lalu ke mana pria hidung belang pengguna jasa prostitusi?

Polisi tak mengungkap gamblang soal sosok pengguna jasa prostitusi Cassandra. Saat ditanya soal hal ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan hanya menyebut pria hidung belang itu dari kalangan tertentu.

Ditanya lebih jauh soal sosok pria hidung belang, Kombes Zulpan tak banyak bicara. Namun dia memastikan pria bejat tersebut bukan dari kalangan pejabat. "Dari kalangan tertentulah," ujar dia.

Memangnya Cassandra Angelie dijerat pasal apa? Simak di halaman berikutnya.

Simak Video: Fakta-fakta Kasus Prostitusi Cassandra Angelie

[Gambas:Video 20detik]