Wagub DKI: Tak Mungkin Formula E Digelar di Rawa-rawa, Ini Bukan Offroad

ADVERTISEMENT

Wagub DKI: Tak Mungkin Formula E Digelar di Rawa-rawa, Ini Bukan Offroad

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 19:15 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria
Foto: Tiara Aliya/detikcom
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tak percaya jika ajang Formula E digelar di atas lahan bekas rawa. Pasalnya, trek Formula E berbeda dengan offroad yang bisa digelar di lahan berbentuk tanah.

"Saya kira tidak mungkin Formula E dilaksanakan di rawa-rawa ini kan bukan offroad," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (31/12/2021).

Oleh karena itu, Riza akan mengecek lokasi pasti sirkuit Formula ke PT Jakarta Propertindo (JakPro) selaku penyelenggara. Dia hendak memastikan apakah benar sirkuit Formula E berada di atas tanah bekas rawa dan berlumpur.

"Jadi tolong dicek dulu, ditanyakan lagi di Formula E ke JakPro tempat yang pastinya," jelasnya.

Komisi B DPRD DKI Jakarta meninjau lokasi Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta. Lahan ini ternyata dulunya merupakan rawa-rawa dan pembuangan lumpur hasil proyek.Komisi B DPRD DKI Jakarta meninjau lokasi Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta. Lahan ini ternyata dulunya merupakan rawa-rawa dan pembuangan lumpur hasil proyek. (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Sebelumnya, Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga merupakan orang yang menyebut salah satu titik sirkuit Formula akan dibangun di lahan yang dulunya rawa-rawa. Dia kaget saat mengetahui salah satu titiknya bekas dipakai tempat pembuangan lumpur.

"Kalau lahan kosong sudah keras, nggak apa-apa. Ini lahan kosong lumpur. Jadi ini dulu rawa, Pak, rawa ini semua. Buang lumpur pembangunan ke sini semua, sama lumpur-lumpur kali zaman Jokowi," ujar Pandapotan, saat mengecek langsung venue Formula E di Ancol, Kamis (30/12/2021).

"Enam bulan selesai?" tanya Pandapotan ke Direktur PT JakPro, Gunung Kartiko.

"Tiga bulan selesai," jawab Gunung.

Gunung kemudian menjelaskan sirkuit yang dibangun di area bekas lahan tersebut kurang-lebih 16 meter. Dia mengatakan barier sudah disiapkan.

"Sini-sini saja. Yang kita lalui tadi saja sampai Mal ABC. Depan Mal ABC," ucap Gunung.

Simak Video 'Lika-liku Formula E Jakarta: dari Monas Hijrah ke Ancol':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT