Aturan Bepergian Dalam Negeri di Masa Libur Nataru, Cek di Sini!

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 18:47 WIB
Aturan bepergian dalam negeri di masa libur Nataru penting untuk diketahui. Selain menjadi informasi, hal ini menjadi acuan mu dalam merencanakan perjalanan.
Aturan Bepergian Dalam Negeri di Masa Libur Nataru, Cek di Sini! (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Aturan bepergian dalam negeri di masa libur Nataru penting untuk diketahui. Hal ini menjadi acuanmu dalam merencanakan perjalanan.

Untuk mengantisipasi perayaan tahun baru yang memicu kerumunan, pemerintah sudah menyusun aturan bepergian dalam negeri di masa libur Nataru. Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 109 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Darat Selama Masa Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Aturan bepergian dalam negeri di masa libur Nataru berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Aturan ini diterapkan karena hendak menekan mobilitas masyarakat.

Lantas, apa saja aturan bepergian dalam negeri di masa libur nataru? Untuk mengetahui informasi lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Aturan Bepergian Dalam Negeri di Masa Libur Nataru: Aturan Bagi Pelaku Perjalanan

Selama libur tahun baru, masyarakat wajib mengikuti aturan bepergian dalam negeri di masa libur Nataru. Merujuk SE Kemenhub 109/2021, berikut syarat lengkap bagi pelaku perjalanan:

  1. Sudah divaksin lengkap. Hal ini dibuktikan dengan kartu vaksin
  2. Melampirkan hasil negatif Rapid Test Antigen paling lambat 1 x 24 jam sebelum keberangkatan
  3. Menggunakan aplikasi PeduliLindungi

Aturan Bepergian Dalam Negeri di Masa Libur Nataru: Aturan di Mobil Pribadi

Mengacu aturan bepergian dalam negeri di masa libur Nataru, masyarakat yang menggunakan mobil pribadi wajib sudah di vaksin COVID-19. Dalam SE 109/2021 disebutkan, pelaku perjalanan darat harus sudah mendapat dosis vaksin lengkap. Selain vaksinasi, berikut syarat lain yang diberlakukan:

  1. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi
  2. Wajib melampirkan hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan. Kebijakan ini berlaku khusus anak usia di bawah 12 tahun.
  3. Merujuk aturan bepergian dalam negeri di masa libur Nataru yang disusun pemerintah, khusus wilayah aglomerasi tidak perlu menunjukkan kartu vaksin maupun surat keterangan hasil negatif tes antigen.

Aturan Bepergian Dalam Negeri di Masa Libur Nataru: Aturan di Kereta Api

Kereta Api juga masuk ke dalam transportasi yang ikut menerapkan aturan bepergian dalam negeri di masa libur Nataru. Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemehub) Nomor 112 Tahun 2021 tentang aturan perjalanan kereta api (KA) di Masa Angkutan Nataru.

SE itu berlaku mulai 24 Desember 2021-2 Januari 2022. SE tersebut juga mengatur anak di bawah 12 tahun harus melakukan tes PCR. Berikut persyaratan lengkapnya:

  1. Menunjukkan hasil negatif PCR yang diambil 3x24 jam sebelum keberangkatan perjalanan
  2. Wajib didampingi orang tua saat menumpangi kereta api

Sedangkan untuk orang dewasa, berikut aturan bepergian dalam negeri di masa libur Nataru yang diterapkan pada moda kereta api:

  1. Wajib divaksinasi dosis lengkap
  2. Penumpang yang belum divaksin lengkap atau punya alasan medis tidak diizinkan melakukan perjalanan
  3. Menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen 1x24 jam atau RT-PCR 3x24 jam

Aturan Bepergian Dalam Negeri di Masa Libur Nataru: Aturan di Kapal Angkutan

Aturan bepergian dalam negeri di masa libur Nataru juga ditetapkan di kapal angkutan. Bagi kapal angkutan penyebrangan yang bakal melakukan perjalanan antarkota, wajib memenuhi persyaratan seperti:

  1. Pembatasan kapasitas penumpang paling banyak 75% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia dan menerapkan physical distancing
  2. Melakukan sterilisasi kapal angkutan penyeberangan melalui penyemprotan disinfektan yang dilakukan setelah debarkasi dan setiap 24 jam

Aturan bepergian dalam negeri di masa libur Nataru juga ditetapkan pada pengelola terminal pelabuhan. Aturan itu meliputi:

  1. Menyiapkan dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi
  2. Melakukan sterilisasi melalui penyemprotan disinfektan setiap 24 jam
  3. Menyiapkan pengukur suhu tubuh
  4. Menyiapkan hand sanitizer, dan tempat cuci tangan yang mudah dijangkau

Aturan bepergian dalam negeri di masa libur Nataru juga dapat disimak di halaman berikutnya.