ADVERTISEMENT

Resolusi Tahun Baru untuk Menyambut 2022, Ini Sejarahnya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 12:29 WIB
Kalender Natal dan Tahun Baru. dikhy sasrailustrasidetikfoto
Resolusi Tahun Baru untuk Menyambut 2022, Ini Sejarahnya - ilustrasi (Foto: detikcom/Dikhy Sasra)
Jakarta -

Resolusi Tahun Baru bisa disiapkan sebagai salah satu cara untuk lebih bersemangat dalam menyambut Tahun Baru. Saat ini tinggal sebentar lagi menuju Tahun Baru 2022.

Perayaan Tahun Baru identik dengan pesta dan kembang api di berbagai daerah. Di momen ini, banyak orang berharap resolusi tahun barunya dapat berjalan lancar.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai apa itu resolusi Tahun Baru, simak informasi yang sudah kami rangkum berikut ini.

Apa Itu Resolusi Tahun Baru?

Resolusi tahun baru merupakan harapan yang disusun agar segalanya di tahun selanjutnya dapat berjalan sesuai yang diinginkan. Dilansir dari situs Dictionary Cambridge, resolusi Tahun Baru adalah janji yang dibuat pada diri sendiri untuk mulai melakukan sesuatu yang baik atau berhenti melakukan sesuatu yang buruk mulai dari hari pertama di Tahun Baru ini.

Adapun contoh resolusi Tahun Baru adalah sebagai berikut:

  1. Lebih banyak makan makanan bergizi
  2. Berhenti merokok
  3. Sering berolahraga
  4. Membaca lebih banyak buku
  5. Menabung lebih banyak

Sejarah Resolusi Tahun Baru: Berawal dari Bangsa Babilonia

Dilansir dari situs History, sejarah resolusi Tahun Baru berawal sekitar 4.000 tahun yang lalu. Orang Babilonia kuno tercatat sebagai orang pertama yang membuat resolusi Tahun Baru.

Mereka juga yang pertama mengadakan festival keagamaan untuk merayakan tahun baru, walaupun saat itu tahun baru dirayakan di pertengahan bulan Maret, bukan di bulan Januari. Festival keagamaan tersebut dikenal sebagai "Akitu".

Dalam festival tersebut, orang Babilonia membuat janji kepada para dewa untuk membayar hutang mereka dan mengembalikan barang-barang yang mereka pinjam. Jika orang Babilonia menepati janji mereka maka dewa-dewa mereka akan memberikan kebaikan kepada mereka untuk tahun yang akan datang.

Namun, jika tidak, mereka akan tidak disukai oleh para dewa. Janji-janji ini dapat dianggap sebagai cikal bakal resolusi Tahun Baru.

Sejarah resolusi Tahun Baru di Roma dan bagi umat Kristiani juga dapat dilihat di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT