ADVERTISEMENT

Ketua KPK: Setiap Kamar Kekuasaan Harus Ikut Berantas Korupsi

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 19:19 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri
Foto Ketua KPK Firli Bahuri (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri kembali menegaskan soal orkestrasi pemberantasan korupsi pada penyampaian kinerja KPK tahun 2021. Firli mengatakan setiap kamar kekuasaan diharuskan mengambil peran dalam pemberantasan korupsi.

"KPK di dalam Hari Antikorupsi Sedunia yang lalu tanggal 9 Desember 2021, memperkenalkan orkestrasi pemberantasan korupsi, di mana setiap kamar-kamar kekuasaan harus mengambil peran dalam rangka pemberantasan korupsi," kata Firli di Gedung Penunjang KPK, Rabu (29/12/2021).

Firli mengatakan setiap kamar legislatif ataupun yudikatif tentu diharuskan memegang teguh budaya antikorupsi dalam penyusunan undang-undang ataupun melakukan pengesahan.

"Baik kamar legislatif, dalam penyusunan undang-undang harus bebas dari korupsi. Kamar eksekutif dalam penyusunan pengesahan anggaran belanja negara dan implementasi serta pengesahan maupun dalam pengawasannya harus bebas dari korupsi," ucapnya.

"Kamar yudikatif, seluruh proses-proses peradilan harus bebas dan bersih dari korupsi. Begitu juga dengan kamar-kamar kekuasaan di partai politik juga harus bebas dan bersih dari korupsi," tambahnya.

Menurut Firli, jika semua kamar tersebut bebas antikorupsi, tentunya akan menurunkan budaya antikorupsi kepada semua elemen. Dia berharap masyarakat tetap memberikan dukungan kepada KPK.

"Kita sungguh berharap masyarakat akan tetap memberikan dukungan dan KPK tidak akan pernah lelah untuk memberantas korupsi. Kita tetap berkomitmen, untuk melaksanakan pemberantasan korupsi. Karena sesungguhnya, tidak pernah suatu negara bisa mewujudkan tujuannya kalau korupsi belum bisa tertangani," pungkasnya.

(azh/zap)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT