Ridwan Kamil: Disrupsi 4.0 Ubah Cara UMKM Berdagang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 17:15 WIB
Ridwan Kamil Cicip Kopi Luwak Ciwidey Berlapis Emas di Restoran Burj Khalifa
Foto: Instagram
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat berperan dalam pemulihan ekonomi daerah. Apalagi di era digital saat ini telah memberikan peluang yang besar bagi UMKM dalam meningkatkan kapasitas bisnis.

Oleh karenanya, kata dia, sebagai provinsi yang jumlah penduduknya terbesar hampir 50 juta manusia dan tercatat sebagai provinsi yang memiliki investasi nomor satu di Indonesia, dia mendorong UMKM di Jabar giat melakukan ekspor ke mancanegara.

"Kita mengalami disrupsi 4.0 yang menyebabkan dunia digital, yang pertama dalam perdagangan juga meningkat dengan pesat, kita melihat 4.0 akan mengubah cara kita berproduksi, cara (UMKM) kita berdagang sehingga ini menjadikan sebuah peluang," ujarnya dalam Webinar UMKM BNI Jawa Barat, Rabu (29/12/2021).

Menurutnya, perkembangan digitalisasi yang pesat saat ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh semua pihak, tak terkecuali bagi UMKM. Pasalnya, seseorang yang tinggal di desa kini bisa mendapatkan peluang yang sama dengan orang yang tinggal di kota.

Selain itu, hal ini juga didukung besarnya pergerakan ekonomi digital Jawa Barat yang mayoritas 60-90% nya di akselerasi oleh e-commerce. Oleh karenanya, kata Emil, semua UMKM sekarang harus bisa meningkatkan skill digital agar bisa menghadapi persaingan.

"Jadi jangan kaget di desa-desa orang sudah mulai paham (digital). Tetap tinggal di desa, tapi dengan digital bisa mendapatkan rezeki kota," imbuh Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, pihaknya mengapresiasi dukungan berbagai stakeholder seperti BNI dalam meningkatkan kapabilitas UMKM saat ini. Dia berharap berbagai kolaborasi yang dibangun bisa membuat dan meningkatkan ekspor UMKM Jabar ke mancanegara.

"Dalam rangka meningkatkan ekspor dan branding produk-produk UMKM Jawa Barat ke dunia, kami berharap dengan hadirnya BNI bisa memfasilitasi ekspor produk produk UMKM Jawa Barat yang sangat luar biasa," jelasnya.

"Kolaborasi harus bisa kita lakukan tidak hanya melalui keterbatasan tetapi juga dengan lembaga-lembaga seperti BNI yang saya lihat berkomitmen membangun kerja sama untuk meningkatkan ekspor UMKM Jawa Barat ke dunia," pungkas Emil.

Sebagai informasi, Webinar UMKM BNI Jawa Barat ini dipersembahkan oleh detikcom bersama BNI Xpora untuk mendukung para UMKM Indonesia Menembus Pasar Global. Bersama Xpora, ekspor jadi mudah.

(ncm/ega)