Pemprov Jatim Buka-bukaan Cara Genjot Ekspor UMKM Daerah

Advertorial - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 00:00 WIB
adv bni
Foto: dok. BNI
Jakarta - UMKM bisa dikatakan menjadi tulang punggung ekonomi nasional dengan perannya yang cukup tinggi bagi PDB nasional. Dengan jumlahnya yang mencapai 64,2 juta, membuat UMKM mampu berkontribusi sebesar 61,07% atau Rp 8.573,89 T bagi PDB nasional.

Kontribusi UMKM terhadap ekonomi Indonesia tak berhenti sampai di situ saja. UMKM juga mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi. Meski begitu ada sejumlah tantangan yang harus dilalui oleh UMKM, salah satunya terkait ekspor.

Untuk ekspor, UMKM Indonesia masih terbatas yaitu sekitar 14,37% dari total ekspor. Hal ini disebabkan minimnya pengetahuan pasar luar negeri, konsistensi kualitas dan kapasitas produk, sertifikasi, posisi tawar & negosiasi, hingga kendala logistik.

Oleh karenanya, kontribusi pemerintah pusat dan daerah tentu dibutuhkan untuk mendukung pengembangan ekspor UMKM. Salah satu contohnya yaitu Jawa Timur yang menjadi daerah dengan konsen terhadap Ekspor UMKM lewat beragam inovasi.

Dilansir dari data BPS, nilai ekspor Provinsi Jawa Timur November 2021 mencapai US$ 2,18 miliar atau mengalami kenaikan sebesar 16,07% dibandingkan Oktober 2021. Nilai tersebut dibandingkan November 2020 meningkat sebesar 35,25%.

Berdasarkan latar belakang tersebut, BNI bekerja sama dengan detikcom menghadirkan webinar yang mengusung topik seputar ekspor dan UMKM untuk membuka insight dan juga pengetahuan lebih luas seputar ekspor.

Dalam edisi kali ini, Jawa timur sebagai provinsi yang memiliki kontribusi ekspor nasional diharapkan dapat berbagi informasi seputar strategi dalam mendongkrak ekspor daerah, dan membangun bargaining power di kancah global untuk meningkatkan perekonomian.

Pada acara kali ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama jajarannya akan berbagi insightnya terkait jurus Jawa Timur dalam memperluas jangkauan UMKM di daerahnya hingga pasar luar negeri.

Khofifah juga akan berbagi pengalaman jajaran pemerintahannya dalam hal menggenjot ekspor UMKM yang ada di Jawa Timur. Kira-kira apa yang akan dibagikan oleh Khofifah pada acara kali ini?

Semua paparan dari Khofifah bisa disaksikan secara live di acara Webinar UMKM BNI Jawa Timur pada hari Senin, 27 Desember 2021 pukul 13.00. Acara ini bisa disaksikan secara langsung dari website detikcom.

Sebagai informasi, BNI memiliki program anyar BNI Xpora sebagai one stop shopping solution hub agar UMKM meningkatkan kapabilitas, mendapatkan akses pengetahuan digital, hingga memperluas pasar ke mancanegara (Go Global).

Lewat program ini diharapkan UMKM mampu meningkatkan kapabilitas, mendapatkan akses pengetahuan digital, hingga memperluas pasar ke mancanegara (Go Global). Setidaknya ada 7 solution hub yang tersebar di Indonesia dan terintegrasi dengan 6 kantor cabang BNI luar negeri. (adv/adv)