Pemprov Jatim Siap 'Endorse' UMKM untuk Ekspor, Syaratnya...

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Des 2021 20:12 WIB
BNI
Foto: Screenshoot
Jakarta -

Dukungan pemerintah menjadi salah satu faktor kunci untuk mendukung kegiatan ekspor dari UMKM. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyebut salah satu dukungan yang diberikan pemerintah dapat berupa 'endorsement'. Seperti apa maksudnya?

Dalam kehadirannya sebagai keynote speaker dalam Webinar UMKM BNI Jawa Timur, Senin (27/12/2021), Emil menyampaikan pemerintah berperan dalam memberikan kemudahan berusaha bagi UMKM yang ingin ekspor. Selain itu, perlu campur tangan pemerintah untuk memberikan usaha yang kondusif.

Tak hanya itu, kata Emil, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur siap menjembatani pengusaha menuju negara tujuan ekspor. Hal itu dapat dilakukan dengan berkoordinasi dengan atase perdagangan di negara tujuan. Pemprov Jatim bakal menginformasikan kepada atase perdagangan mengenai kredibilitas pelaku ekspor yang telah dipastikan kualitasnya, agar tak mengecewakan buyer di luar negeri.

Emil menambahkan campur tangan pemerintah dalam mendukung bisnis ekspor, juga bisa dalam bentuk branding regional. Artinya, Pemprov Jatim berupaya membangun kepercayaan dari para mitra bisnis luar negeri, agar mau bekerja sama dengan UMKM.

"Memang selain ada national branding bahwa Indonesia adalah negara yang unggul secara ekonomi, perlu ada regional branding. Artinya Jawa Timur adalah homebase dari UMKM atau industri-industri yang berkualitas. Maka dari itu memang salah satu cara kita meningkatkan bargaining power adalah meningkatkan trust Jawa Timur sebagai sebuah provinsi dan tentunya Indonesia sebagai sebuah negara, bahwa barang yang originate dari Jawa Timur adalah barang barang yang memiliki kualitas," papar Emil.

Emil menyampaikan Pemprov Jatim siap untuk memberikan endorsement kepada pelaku UMKM. Syaratnya, mereka harus terbuka menyampaikan informasi-informasi penting yang menunjukkan kapabilitas dan kredibilitasnya. Sebab, lanjut Emil, kredibilitas UMKM akan mempengaruhi tingkat kepercayaan dari mitra bisnis di luar negeri untuk menjalin kerja sama berkelanjutan.

"Seller credibility bisa kita tingkatkan dengan menghubungi KBRI dan mengatakan seller ini diketahui oleh kami. We endorse the exportir. Nah tapi harus dimaklumi proses kami mengendorse juga nggak sembarangan. Jadi tolong UMKM nya untuk kooperatif untuk memberi kami info," ungkap Emil.

"Bukan kami ngeruweti, tapi kami gak boleh sembarangan mengendorse. Sekali saja kami sembarangan mengendorse ya endorsement kita tidak ada nilainya ke depannya malah tidak akan dipercaya. Jadi kita tentu akan perlu memiliki level of confidence untuk bisa mengendorse calon eksportir ini kepada mitra dagang kita mungkin dengan kerja sama dengan KBRI. Saya ucapkan terima kasih kepada BNI dan tiga role model exporter kita," tutup Emil.

Sebagai informasi, Webinar UMKM BNI Jawa Timur dipersembahkan oleh detikcom bersama BNI Xpora untuk mendukung para UMKM Indonesia menembus pasar global. Bersama Xpora, ekspor jadi mudah.

(akn/ega)