Bakamla Pamer Selamatkan Kerugian Negara Rp 4 Triliun

M Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 11:34 WIB
Jakarta -

Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menggelar upacara memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-16 hari ini. Bakamla memamerkan sejumlah capaian Bakamla selama 2021, termasuk menyelamatkan potensi kerugian negara Rp 4 triliun.

"Alhamdulillah, puji Tuhan, karena di ulang tahun ke-16 ini, Bakamla, kinerja, kemudian hasilnya makin lama makin baik. Ini bisa saya buktikan... selama tahun 2021, kita juga bisa mengamankan potensi kerugian negara hampir Rp 4 triliun," ujar Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Aan Kurnia dalam jumpa pers di kantor Bakamla, Jakarta Pusat, Rabu (29/12/2021).

Aan membeberkan rincian jumlah dari potensi kerugian negara tersebut. Misalnya seperti berasal dari kegiatan illegal transhipment yang mencapai Rp 1,8 triliun hingga penggagalan pengiriman narkoba sebanyak 423 kg senilai hampir Rp 2 triliun.

"Ini kalau ada pertanyaan dari mana bisa kita menyelamatkan, yang kegiatan transhipment illegal saja nilainya hampir Rp 1,8 triliun. Belum lagi dari narkoba yang tadi 423 kg itu hampir Rp 2 triliun," jelasnya.

Lebih lanjut, Aan juga menambahkan keberhasilan kerja sama Bakamla dengan Ditjen Pajak dalam mengamankan kapal mangkir pajak. Menurutnya, kapal tersebut hendak kabur ke China hingga Madagaskar.

"Kemarin kita mengamankan kapal yang tidak membayar pajak. Jadi ini hasil kerja sama dengan Dirjen Pajak. Kapal ini mau lari ke Tiongkok, kemudian mau lari ke Madagaskar. Kemudian bisa kita amankan," terang Aan.

Dalam pidato upacaranya, Aan bersyukur atas usia Bakamla yang semakin dewasa. Menurutnya, Bakamla punya peran penting dalam penegakan hukum di perairan Indonesia.

"Kita patut bersyukur, karena usia yang semakin matang, Bakamla dapat mewujudkan jati diri dan perannya sebagai penegak hukum di perairan Indonesia dan yurisdiksi Indonesia," imbuhnya.

(drg/dhn)