Ricuh di Lampung Dipicu Masalah Asmara, 2 Orang Dibawa ke Kantor Polisi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 16:03 WIB
Kericuhan sempat terjadi di Lampung Tengah semalam. Dua orang dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa. (Screenshot video viral)
Kericuhan sempat terjadi di Lampung Tengah semalam. Dua orang dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa. (Screenshot Video Viral)
Jakarta - Kericuhan sempat terjadi di Lampung Tengah, Lampung, semalam. Dua orang dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa.

"Cuma 2 orang itu (diamankan), sedang pemeriksaan saksi-saksi untuk pendalamannya. Mudah-mudahan perkara selesai," kata Kasat Reskrim Polres Lampung Tengah AKP Edi Qorinas saat dihubungi, Selasa (28/12/2021).

Dia menjelaskan kericuhan itu bermula dari persoalan terkait asmara. Cekcok bermula saat seorang pria tak terima karena pacarnya diganggu.

Persoalan kemudian berkembang ke dugaan pemerasan. Rentetan masalah itu kemudian memicu konflik antarwarga.

"Sebenarnya masalah pribadi terkait hubungan asmara yang diganggu pacarnya, sehingga terjadi percobaan pemerasan. Kemudian menimbulkan konflik," ujarnya.

Dia mengatakan situasi sudah kembali kondusif sejak Senin (27/12), pukul 22.00 WIB. Dia mengimbau warga agar tidak terprovokasi informasi yang tidak valid.

"Imbauan kami, masyarakat kedua kampung tidak terprovokasi informasi atau provokasi," ucapnya.

Saat ini dua orang terkait kericuhan tersebut masih diperiksa intensif di Polres Lampung Tengah. Polisi akan segera menetapkan status hukum kedua orang yang ditangkap tersebut.

"Ini lagi kita periksa saksi, sore kita gelar perkara dan putuskan statusnya. Keduanya masih di polres, kita punya hak mengamankan 1x24 hingga ditetapkan statusnya," jelasnya.

Viral Video Warga Ricuh

Sebelumnya diberitakan, video yang menunjukkan sekumpulan orang diduga ricuh di Lampung Tengah beredar di media sosial. Polisi menelusuri kejadian tersebut.

Berdasarkan sejumlah video yang beredar tampak warga berkumpul sambil berteriak-teriak di jalan. Mereka juga tampak memegang bambu sambil berjalan beriringan hingga memenuhi jalan.

Sementara itu, dalam salah satu video, terlihat sejumlah masyarakat berkumpul di depan kantor polisi.

Kapolres Lampung Tengah AKBP Oni Prasetya meluruskan bahwa tidak ada bentrokan antar warga kampung yang terjadi di Lampung Tengah.

"Tidak ada bentrokan, ya, saya sudah di TKP ini, saya masih urus ini," kata Oni, Selasa (28/12).

Oni mengatakan memang sempat ada massa yang berkumpul. Namun, setelah dicek, dia memastikan tidak ada bentrokan dan situasi saat ini juga sudah kondusif. (jbr/idh)