ADVERTISEMENT

Respons KPK soal Pencarian Harun Masiku Buntu Usai 700 Hari Berlalu

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 14:56 WIB
Gedung baru KPK
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Harun Masiku hingga kini masih menyandang status buron KPK dan telah menyentuh 700 hari. KPK sampai sekarang pun tetap berkomitmen untuk terus melakukan pencarian dan menganggap hal ini merupakan masalah yang serius.

"Terkait pencarian buron DPO TPK, KPK yang telah bekerja sama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri yang punya otoritas dan kewenangan dalam pencarian DPO, tentu ini kami lakukan sebagai upaya serius KPK untuk mencarinya," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (28/12/2021).

Ali mengatakan komitmen KPK dalam melakukan pencarian DPO dapat dibuktikan lewat kerja sama dengan aparat penegak hukum lainnya. Dengan kerja sama itu, KPK yakin pemberantasan korupsi akan bekerja dengan maksimal.

"Komitmen KPK dalam pencarian DPO juga dibuktikan melalui kerja sama dengan aparat penegak hukum lain, baik kepolisian maupun kejaksaan melalui Kedeputian Koordinasi dan Supervisi KPK," kata Ali.

"Kami antar-APH solid untuk saling bahu-membahu dalam pemberantasan korupsi agar tugas-tugas pemberantasan korupsi manfaatnya dapat secara nyata dirasakan oleh masyarakat luas," sambungnya.

Tercatat kini masih ada 4 orang DPO yang menjadi kewajiban KPK untuk segera menangkapnya, termasuk Harun Masiku. Lalu, masih ada DPO sisa periode KPK yang lalu, yakni Surya Darmadi (2019), Izil Azhar (2018), dan Kirana Kotama (2017).

"Kami pastikan KPK tetap melakukan pencarian para DPO KPK baik yang ditetapkan sejak tahun 2017 maupun 2020," katanya.

Lebih lanjut, Ali menegaskan setiap laporan masyarakat terkait DPO akan ditindaklanjuti. KPK meminta masyarakat yang mengetahui keberadaan para DPO untuk segera melapor.

"Setiap informasi yang kami terima terkait keberadaan para DPO, kami pastikan ditindaklanjuti," ujarnya.

"Oleh karena itu, apabila masyarakat yang mengetahui keberadaan para DPO, termasuk tentu jika temen-temen dari ICW mengetahuinya silakan lapor aparat terdekat atau kepada KPK melalui informasi@kpk.go.id atau call center 198," sambungnya.

Lihat juga video 'PDIP Sebut Pemilu 2009 Penuh Kecurangan, PD Singgung Harun Masiku':

[Gambas:Video 20detik]



KPK sebut Harun Masiku ada di luar negeri, simak di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT