ADVERTISEMENT

Apa Kabar Pencarian Buron KPK Harun Masiku dan Ali Fahmi?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 15:30 WIB
Gedung baru KPK
Gedung Merah Putih KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron bulan lalu mengungkapkan upaya perburuan Harun Masiku akan ditingkatkan seiring melandainya penyebaran virus Corona di Indonesia. Bagaimana perkembangan pencarian Harun Masiku?

"Bahwa kemudian saat ini COVID-19 sudah mereda, itu juga akan menjadi komitmen kami untuk kembali meningkatkan upaya pencarian Harun Masiku," kata Ghufron, Selasa (16/11/2021).

Hingga kini, KPK belum mengumumkan perkembangan apa pun dari pencarian Harun Masiku. Mantan pimpinan KPK, Saut Situmorang, mengkritik. Saut menyakini KPK tak akan bisa menangkap Harun Masiku.

"Polri aja yang ngejar (Harun Masiku), karena KPK nggak bisa diharepin. KPK sudah nggak bisa, sia-sia kalau ngarepin dari situ," ucap Saut kepada wartawan, Rabu (8/12).

Menurut Saut, sejumlah mantan penyidik KPK yang menerima tawaran menjadi ASN Polri mengetahui keberadaan Harus Masiku. Karena itulah, dia menyarankan agar pencarian Harus Masiku dilakukan oleh Polri.

"Apalagi kalau 57 orang ini (mantan pegawai KPK) dilantik di Polri, mereka bisa dijadikan penasihat tim pencarian untuk menangkap Harun Masiku," ujarnya.

Selain soal Harun Masiku, Saut menyinggung saksi kasus dugaan korupsi proyek di Badan Keamanan Laut (Bakamla), Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi. Menurutnya, KPK harus memperjelas status Ali Fahmi yang kerap mangkir dari panggilan penyidik KPK ataupun persidangan.

"Kalau sudah disebut-sebut penyidik maupun jaksa penuntut umum, harusnya didalami ya, apalagi sudah disebut menerima, nggak adil dong kalau gitu. Jadi tanda tanya kenapa hilang dan nggak lanjut," sebut Saut.

"Itu harus ditanyakan. Juru bicara KPK harus menjawab, jangan nggak dijawab. Kita lihat jawabnya ngeles atau tidak, jawabnya bener atau nggak," sambung dia.

Simak lagi soal sosok Harun Masiku dan Ali Fahmi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT