Buruh Duduki Ruangan Gubernur Banten, Said Iqbal: Proses Sebab-Akibat

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 14:24 WIB
Gubernur Banten lapor Jokowi gegara ruang kerjanya diduduki buruh
Buruh menduduki ruang kerja Gubernur Banten (Foto: tangkapan layar)
Jakarta -

Anggota dari aliansi buruh Provinsi Banten yang melakukan aksi menuntut UMP-UMK 2022 dan sempat menduduki ruang kerja Gubernur Banten Wahidin Halim ditangkap polisi. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal angkat bicara.

"Kejadian pelaporan Gubernur Banten terhadap kaum buruh di Banten adalah bukan sekadar proses kriminal, tapi lebih kepada proses sebab-akibat," kata Said Iqbal dalam konferensi pers, Selasa (28/12/2021).

Said mengungkapkan buruh di Banten beberapa kali berunjuk rasa hingga mengajak Wahidin berdialog. Namun Wahidin tak pernah menyambut ajakan dialog buruh.

"Berkali-kali buruh Banten mendemo, mengajak dialog Gubernur Banten tanpa demo, tidak pernah ditemui," imbuhnya.

Meski menyimpan kecewa terhadap sikap Wahidin, Said mengaku perbuatan buruh menduduki ruang kerja Gubernur Banten tanpa izin adalah hal yang tak benar. Said Iqba berjanji tak akan membiarkan buruh melakukan tindakan serupa.

"Jadi kami akui ada kesalahan ringan, memasuki ruangan, menduduki kursi gubernur. Kami tidak akan mengulangi kembali. Saya tegaskan, sebagai pemimpin, kami tidak akan mengulangi kembali penerobosan yang diakibatkan kausalitas sebab-akibat," ujar dia.

Dalam konferensi pers tersebut, Said mengatakan soal Wahidin Halim sudah kehilangan akal sehat dan hati nuraninya karena mempidanakan kaum buruh yang menerobos ke kantor dia.

"Semewah apa kursi Gubernur Banten sehingga senilai hukumannya 5 tahun 6 bulan penjara. Semewah apa benda mati harus dibayar oleh buruh," kata dia.

"Akal sehat dan hati nurani Gubernur Banten telah hilang. Tolong Pak Gubernur, anaknya sedang menyampaikan aspirasi, jangan dilawan dengan pidana. Temuilah para pendemo, ajak dialog, jangan kabur. Setelah tidak mau menemui, mempidanakan," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.