Dirut Minta Maaf soal Sekuriti Sempat Larang Pengguna Kursi Roda Masuk GBK

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 10:13 WIB
Jakarta -

Direktur Utama Gelora Bung Karno (Dirut GBK), Adi Kusumo meminta maaf atas beredarnya video petugas keamanan atau sekuritinya yang menghalangi pengguna kursi roda masuk ke area GBK. Adi pun mengecam tindakan sekuritinya.

"Jadi mengenai akses disabilitas di GBK, kami selaku manajemen itu sebenarnya sangat memperbolehkan disabilitas itu berada di GBK, dan boleh memasuki kawasan atau venue," kata Adi kepada detikcom, Selasa (28/12/2021).

Adi juga mengaku akan mengevaluasi para sekuriti. Bahkan, lanjut Adi, sekuriti tersebut ditindak tegas oleh manajemen.

"Ini (sikap sekuriti halangi masuk pengguna kursi roda) adalah sebuah hal yang memang menjadi evaluasi. Dan kami sudah tindak secara tegas juga terhadap oknum petugas tersebut, bahwa ketidakmegertiannya dia mengenai adanya roda masuk ke dalam itu sebenarnya untuk sepeda, sepatu roda, skuter maupun hal-hal yang bisa membahayakan pejalan kaki maupun pengunjung lainnya yang sedang berolahraga di dalam GBK," jelas Adi.

Adi kembali menekankan keterbukaan GBK pada semua pihak tanpa terkecuali, termasuk kaum disabilitas. Dia meminta maaf atas perlakuan sekuriti seperti dalam video yang beredar.

"Sebenarnya untuk disabiitas itu sangat-sangat diperbolehkan. Jadi mohon maaf sekali dari kami, dari manajemen. Kami tentu tidak ingin hal ini terjadi karena sebenarnya GBK sangat terbuka untuk kegiatan disabiitas, bahkan Asian Paragames juga diadakan di GBK," tutur Adi.

Dia kemudian menerangkan manajemen GBK berupaya menghubungi pengguna kursi roda yang sempat dihalangi masuk. Bersamaan dengan momen ini, Adi mengajak seluruh penyandang disabilitas beraktivitas di GBK.

"Jadi kami pun secara tim juga sudah menghubungi para pihak yang berada di video tersebut. Kami juga mengundang kawan-kawan disabilitas, bahkan Staf Khusus Presiden bidang Disabiitas, Mbak Angkie juga ini rekan, kawan baik dari kami. Waktu itu kegiatan Sentra Vaksinasi Disabilitas di GBK juga telah dilaksanakan dengan baik," jelas Adi.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.