Jadi Mandor TKBM, Aritonang Ungkap Manfaat Punya JKN-KIS

Nada Zeitalini - detikNews
Senin, 27 Des 2021 21:11 WIB
Aritonang
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Parlindungan Aritonang (50) atau lebih akrab disapa Bang Tonang menceritakan pengalamannya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) - Kartu Indonesia Sehat (KIS). Ia menjelaskan bahwa program JKN-KIS memberikan keamanan padanya dalam menjalani pekerjaan sebagai mandor Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di pelabuhan Dumai.

"Program JKN-KIS sangat membantu dan bermanfaat, semuanya dijamin tidak ada biaya serupiah pun yang saya keluarkan, saya berharap program ini tetap dipertahankan karena banyak masyarakat yang kehidupan ekonominya masih sulit, bisa untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari saja sudah syukur," tutur Tonang dalam keterangan tertulis, Senin (27/12/2021).

Sebagai pekerja lapangan ia pun menceritakan suka dukanya saat bekerja. Tentunya pekerjaan yang dilakoninya tak terlepas dari bahaya kesehatan.

"Saya ini pekerja lapangan, setiap hari di Pelabuhan mulai dari pagi sampai sore hari bahkan kadang malam ya tergantung kapal yang masuk karena setiap ada kapal barang yang berlabuh harus segera dibongkar muatannya, kalau hujan dan panas itu sudah makanan kami sehari-hari," ungkap Tonang.

Diakuinya, saat ini ia dan keluarganya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari segmen PBI APBN. Ia bersyukur dengan adanya program JKN-KIS sangat membantu meringankan beban masyarakat terlebih pada masa pandemi ini sangat berdampak pada kehidupan ekonomi.

Seperti musibah yang menimpanya pada tahun 2016 silam. Tonang pernah dirawat di RSUD Dumai karena sakit asam lambung yang dideritanya.

"Syukurlah ada kartu KIS ini kalau tidak saya bingung juga ke mana harus mencari biaya perawatan saya karena sempat lima hari juga saya dirawat," jelas Tonang seraya menunjukkan kartu KIS miliknya.

Terkait Program JKN-KIS ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah dan juga BPJS Kesehatan sebagai Badan Pengelola Jaminan Kesehatan.

"Kami sebagai masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya Program JKN-KIS ini sangat bermanfaat dan membantu meringankan beban ekonomi, saya berharap program ini tetap diteruskan dan ditingkatkan pelayanannya," jelasnya.

Saat ditanya tentang Aplikasi Mobile JKN, Tonang juga memberikan apresiasi terhadap berbagai inovasi yang diluncurkan BPJS Kesehatan. Meski bekerja di lapangan, ia mengaku memanfaatkan fasilitas yang ada di aplikasi Mobile JKN yang memudahkan, seperti mengecek data, konsultasi online, pendaftaran online dan masih banyak lagi kemudahan lain melalui aplikasi Mobile JKN.

(fhs/ega)