Ini Alasan Pentingnya Membayar Iuran JKN-KIS Selagi Masih Sehat

Atta Kharisma - detikNews
Senin, 27 Des 2021 20:05 WIB
Peserta BPJS Kesehatan
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Semakin hari semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya tergabung dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan. Salah satunya adalah Michelin (25), warga asal Kelurahan Kampung Empat Kota Tarakan yang memilih JKN-KIS sebagai proteksi jaminan kesehatannya sejak Juli 2017.

Michelin terdaftar sebagai peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dengan hak perawatan kelas II. Ia bekerja sebagai wiraswasta penjual aksesori handphone di sebuah toko yang disewanya per bulan.

Dari penghasilannya bekerja di toko, Michelin rutin menyisihkan sebagian dari pendapatannya setiap bulan untuk membayar iuran JKN-KIS. Terkait alasan membayar secara rutin, dirinya mengatakan hal tersebut merupakan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS, dan dia tidak merasa rugi meskipun tidak menggunakannya.

"Bersyukur hingga saat ini saya tidak pernah menggunakan kartu JKN-KIS ini, dengan begitu artinya saya tidak sakit. Tetapi meskipun saat ini saya hanya bekerja dengan membuka usaha sendiri dan hasilnya tidak pasti, namun saya tetap rutin membayar iuran JKN-KIS karena saya yakin iuran yang terbilang sedikit ini pasti dibutuhkan oleh saudara kita sesama peserta JKN-KIS yang sedang sakit," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (27/12/2021).

Ia menambahkan dengan rutin membayar iuran JKN-KIS dirinya tidak perlu takut jika sewaktu-waktu sakit dan membutuhkan biaya yang besar.

"Karena sakit bisa datang kapan saja, dengan rutin bayar iuran, kartu JKN-KIS kita akan terus aktif, dan bisa digunakan saat dibutuhkan," ujarnya.

Michelin mengungkapkan pelayanan yang ia terima di kantor BPJS Kesehatan sudah terbilang baik. Setiap instansi BPJS Kesehatan menyajikan sistem pelayanan yang berbeda-beda dan sudah sesuai dengan standar pelayanan yang ia terima di instansi lain yang pernah dikunjunginya.

"Pelayanan di kantor BPJS Kesehatan menurut saya bagus dengan proses pendaftaran yang cepat dan sikap petugas yang begitu ramah. Dan kalau menurut saya secara keseluruhan pelayanannya sudah sangat baik," tuturnya.

Michelin pun berharap agar program JKN-KIS ini dapat terus berlanjut. Sebab, keberadaan program ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk rutin membayar iuran setiap bulannya.

"Saya berharap bahwa BPJS Kesehatan ke depannya akan tetap ada serta menjadi lebih baik lagi sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat yang luar biasa dari program JKN-KIS ini. Buat peserta lainnya, jangan ragu untuk rutin membayar iuran setiap bulannya, karena iuranmu merupakan uluran tangan bagi peserta yang sakit. Yuk rutin bayar iuran JKN-KIS nya selagi masih sehat," pungkasnya.

(fhs/ega)