BPJS Kesehatan Hadirkan Layanan Digital, Peserta JKN-KIS: Tidak Ruwet

Dea Duta Aulia - detikNews
Senin, 27 Des 2021 19:30 WIB
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Yessy Novita
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Lutfi Fauzi merasakan manfaat dari Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan.

Menurut Lutfi, inovasi tersebut sangat membantunya untuk mengakses beragam layanan yang diberikan dihadirkan oleh BPJS Kesehatan. Ia juga mengungkapkan inovasi teranyar ini jauh lebih baik dari pelayanan sebelumnya.

"Pelayanannya bagus kok, tidak ruwet. Malah lebih bagus daripada yang dulu. Dulu harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Apa-apa ke kantor. Sekarang lewat WhatsApp sudah bisa semua. Mulai dari pengurusan administrasi peserta dan tanya apapun bisa di situ. Sangat terbantu sekali," kata Lutfi dalam keterangan tertulis, Senin (27/12/2021).

Tak hanya itu, ia juga mengajak masyarakat untuk turut bergabung menjadi keanggotaan dari BPJS Kesehatan. Pasalnya, saat ini, proses pendaftarannya sudah tidak rumit, bisa diakses melalui smartphone, dan memberikan kemudahan saat melakukan perawatan kesehatan.

"Sekarang, apa-apa serba online. Jadi tidak perlu ribet-ribet. Untuk masyarakat juga jangan ragu untuk menjadi Peserta JKN-KIS. Menjadi peserta sangat membantu, kalau mau berobat sudah tidak bayar. Tadi saya ke puskesmas/klinik tidak perlu bayar-bayar lagi, sedangkan kalau tidak pakai JKN masih bayar," tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Yessy Novita menjelaskan, layanan daring yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan memang dihadirkan untuk memberikan kemudahan akses kepada para peserta. Tak hanya PANDAWA, ia juga menjelaskan, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan daring seperti Chat Asisten JKN (CHIKA), aplikasi Mobile JKN, dan Care Center 165.

Meskipun begitu, ia mengatakan, layanan tatap muka yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan juga masih bisa diakses oleh para peserta JKN-KIS. Dengan mengkombinasikan layanan online dan offline diharapkan para peserta dapat lebih terlayani serta lebih mengefisien waktu mereka.

"Manfaatkanlah secara maksimal aplikasi Mobile JKN, Care Center 165 dan khusus untuk layanan PANDAWA di Kabupaten Sidoarjo dapat mengakses melalui nomor 085806227043," tutup Yessy.

(fhs/ega)